Al -
Fatihah
001.
(Dengan nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang)002.
(Segala puji bagi Allah) Lafal ayat ini merupakan kalimat berita, dimaksud
sebagaiungkapan
pujian kepada Allah berikut pengertian
yang terkandung
di dalamnya, yaitubahwa Allah Taala adalah yang memiliki semua pujian yang diungkapkan oleh
semuahamba-Nya. Atau makna yang dimaksud ialah
bahwa Allah Taala itu adalah Zat yang harusmereka
puji. Lafal Allah merupakan nama bagi Zat yang berhak untuk disembah. (Tuhansemesta
alam) artinya Allah adalah yang memiliki pujian semua makhluk-Nya, yaitu
terdiridari manusia, jin, malaikat, hewan-hewan melata dan lain-lainnya.
Masing-masing merekadisebut alam. Oleh
karenanya ada alam manusia, alam jin dan lain sebagainya. Lafal 'al-`aalamiin'
merupakan bentuk jamak dari lafal '`aalam', yaitu dengan memakai huruf ya danhuruf nun untuk menekankan makhluk berakal/berilmu atas
yang lainnya. Kata 'aalamberasal dari kata `alaamah (tanda) mengingat ia adalah tanda bagi adanya yangmenciptakannya.003.
(Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang) yaitu yang mempunyai rahmat.
Rahmatialah menghendaki kebaikan bagi orang yang menerimanya.004. (Yang menguasai hari pembalasan) di hari kiamat kelak. Lafal
'yaumuddiin' disebutkansecara
khusus, karena di hari itu tiada seorang pun yang mempunyai kekuasaan, kecualihanya
Allah Taala semata, sesuai dengan firman Allah Taala yang
menyatakan, "Kepunyaansiapakah kerajaan pada hari ini
(hari kiamat)? Kepunyaan Allah Yang Maha Esa lagi MahaMengalahkan." (Q.S. Al-Mukmin 16) Bagi orang yang
membacanya 'maaliki' maknanyamenjadi "Dia Yang memiliki
semua perkara di hari kiamat". Atau Dia adalah Zat yangmemiliki sifat ini secara kekal, perihalnya sama
dengan sifat-sifat-Nya yang lain, yaituseperti 'ghaafiruz dzanbi' (Yang mengampuni dosa-dosa). Dengan demikian maka lafal'maaliki yaumiddiin' ini sah menjadi sifat bagi Allah, karena sudah
ma`rifah (dikenal).005. (Hanya Engkaulah yang kami sembah dan hanya kepada
Engkaulah kami memohonpertolongan) Artinya kami beribadah hanya kepada-Mu, seperti mengesakan dan lain-lainnya, dan kami memohon pertolongan hanya kepada-Mu dalam menghadapi semuahamba-Mu dan
lain-lainnya.006. (Tunjukilah kami ke jalan
yang lurus) Artinya bimbinglah kami ke jalan yang lurus,kemudian dijelaskan pada ayat berikutnya, yaitu:007.
(Jalan orang-orang yang telah Engkau anugerahkan nikmat kepada mereka),
yaitumelalui petunjuk dan hidayah-Mu. Kemudian diperjelas lagi maknanya oleh
ayat berikut:(Bukan (jalan) mereka yang dimurkai) Yang dimaksud adalah
orang-orang Yahudi. (Danbukan pula) dan selain (mereka yang sesat.) Yang
dimaksud adalah orang-orang Kristen.Faedah adanya penjelasan tersebut tadi
mempunyai pengertian bahwa orang-orang yangmendapat hidayah itu bukanlah
orang-orang Yahudi dan bukan pula orang-orang Kristen.Hanya Allahlah
Yang Maha Mengetahui dan hanya kepada-Nyalah dikembalikan segalasesuatu. Semoga selawat dan salam-Nya dicurahkan kepada junjungan kita NabiMuhammad saw.
beserta keluarga dan para sahabatnya, selawat dan salam yang banyakuntuk selamanya. Cukuplah bagi kita Allah sebagai penolong dan Dialah sebaik-baikpenolong. Tiada
daya dan tiada kekuatan melainkan hanya berkat pertolongan Allah YangMaha Tinggi lagi Maha Besar
No comments:
Post a Comment