PLANNING
USAHA
FIA
LEARNING CENTRE
Disusun
untuk memenuhi salah satu tugas mata pelajaran kewirausahaan
Disusun
Oleh :
Ai
Roudotul Munawaroh dan Fitri Nurhasanah
Kelas
XI Multimedia 1
KATA
PENGANTAR
Rasa
syukur yang dalam kami sampaikan ke hadiran Tuhan Yang Maha Pemurah, karena
berkat kemurahanNya Tugas Planning Usaha ini dapat kami selesaikan
sesuai yang diharapkan. Didalamnya kami membahas mengenai planning usaha yang
akan kami buat yaitu “ FIA LEARNING CENTRE “ sebagai pusat pelatihan
Komputer dan Multimedia.
Planning
usaha ini dibuat dalam rangka memenuhi salah satu tugas mata pelajaran
Kewirausahaan sesuai dengan harapan.
Dalam
pembuatan planning usaha ini, tentunya kami mendapatkan bimbingan, arahan,
koreksi dan saran, untuk itu kami memohon maaf bila ada kesalahan
dalam penulisan maupun isi Planning Usaha ini.
Demikian
Planning Usaha ini kami buat semoga bermanfaat.
Cisurupan,
19 September 2011
Penyusun’
FIA LC
Penyusun’
FIA LC
A. PENDAHULUAN
1. Latar
belakang
IPTEK (ilmu pengetahuan dan teknologi) di Indonesia sedang
mengglobalisasi. Peradaban zaman yang semakin butuh akan pendidikan dengan
pelajar-pelajar yang kreatif dan cerdas juga menguasai ilmu teknologi
yang tinggi. Persiapan para pelajar untuk menghadapi globalisasi zaman terutama
dalam bidang teknologi masih kurang,baik dalam sarana prasarana, serta
fasilitas dan motivasi kurang minat baca para pelajar. Generasi muda yang akan
menjadi penerus bangsa, yang terikat oleh perkembangan dunia dengan
bahasa yang berbeda , maka perlu sekali di bekali oleh keterampilan
teknologi yang tinggi ,termasuk salah satunya keterampilan
menggunakan computer dan peralatan multimedia lainnya.
Banyak pelajar di daerah garut terutama di daerah ci surupan yang
belum mengenal teknologi khusunya dalam bidang multimedia, yang akan menjadi
penunjang kehidupannya kedepan. Maka kami berinisiatif untuk membuka pusat
pelatihan computer dan multimedia khususnya kepada pelajar-pelajar baik SD,
SMP, SMA., SMK dan sederajat yang ada di cisurupan dengan metode pengajaran
yang mudah dan biaya yang minimum.
2. Visi
:
Menjadikan
SDM di daerah Garut – Bandung yang berkualitas di bidang Komputer
dan Multimedia
3. Misi
:
a) Metode
pengajaran lebih mudah diserap oleh peserta kursus
b) Menjadikan kursus
computer dan Multimedia sebagai kebutuhan untuk para pesertanya
c) memiliki
kualitas tutor yang baik dengan fasilitas memuaskan
4. Identitas
Perusahaan
Nama
Bisnis : FIA LEARNING CENTRE (Computer and Multimedia
Learning Centre)
Jenis Bisnis : JASA PELATIHAN KOMPUTER DAN MULTIMEDIA
Produk Bisnis : Jasa pelatihan/kursus computer dan peralatan Multimedia lainnya.
Jenis Bisnis : JASA PELATIHAN KOMPUTER DAN MULTIMEDIA
Produk Bisnis : Jasa pelatihan/kursus computer dan peralatan Multimedia lainnya.
Kota
Bisnis : Garut
Motto : “ Garut bangkit garut berteknologi“
Motto : “ Garut bangkit garut berteknologi“
B. TUJUAN
USAHA
Tujuan
dari didirikannya FIA LEARNING CENTRE adalah :
1. Menjadikan
generasi muda mengenal dan menguasai teknologi.
2. Memberikan
bekal keterampilan untuk memajukan SDM yang ada di Garut dan Cisurupan,
khususnya di Cisurupan
3. Membangkitkan
dan membantu masyarakat mengenaipentingnya IPTEK
4. Melatih
keterampilan seorang dalam mendalami ilmu Komputer dan Multimedia.
C. ANALISIS
KEUANGAN (SARANA DAN PRASARANA)
Berikut
ini kami sajikan analisis keuangan, Modal yang dibutuhkan :
No.
|
Fasilitas
|
Banyaknya
|
Biaya
/ modal
|
Ket.
|
1
|
Bangunan/
rumah bertingkat
|
1
buah
|
100.000.000
|
Permanen
|
2
|
Peralatan
produksi
a. Computer
b. Handycamp
c. Kamera
Professional
d. Infokus
e. Buku-buku/modul
teknologi
f. Mesin
cetak
|
20
unit
10
unit
4
unit
2
unit
100
buah
2
buah
|
40.000.000
15.000.000
60.000.000
7.000.000
8.000.000
2.000.000
|
Milik
sendiri
|
3
|
Biaya
Operasional
a. Biaya
Listrik
b. Biaya
gaji
c. Biaya
iklan
|
|
250.000
1.000.000
1.500.000
|
Perbulan
Perbulan
Permusim
|
4
|
Alat
tulis kantor
a. ATK
b. Komputer
c. Mesin
cetak
|
5
pack
3
unit
2
unit
|
2.000.000
5.000.000
1.000.000
|
Milik
sendiri
|
Total
|
250.000.000
|
D. STRATEGI
MARKETING
1. Jasa
pelayanan
a. Bimbingan
/ pelatihan computer
b. Pelatihan
Video Shooting
c. Pelatihan
Photografi
2. Keunggulan
a. Lokasi
strategis
b. Fasilitas
memadai
c. Tempat
yang nyaman dan asri
d. Metode
pengajaran yang mendidik dan menyenangkan
e. Tutor
professional
3. Hambatan
a. Banyak
orang yang masih terbelakang atau bahkan mungkin tidak mengenal teknologi
sama sekali terutama di daerah pedesaan.
b. Semakin
banyak saingan yang membuka usaha sejenis
c. Kekurangan
tutor
d. Susah
mendapatkan peralatan
Untuk
mendapatkan peralatan harus ke daerah lain.
E. RENCANA
PRODUKSI DAN OPERASI
Untuk
rencana awal kami akan membuka “FIA LC” dekat dengan sekolah di daerah garut
dan Cisurupan. Dengan modal dan peralatan yang telah disediakan. Untuk
poses awal kami mulai beroperasi dari 3 hari setelah penempatan bangunan.
Sketsa
umum tentang metode pelatihan “FIA LC” :
Usaha
utama kami adalah untuk membimbing dan melatih orang-orang yang ingin
memperdalam mengenai ilmu computer dan multimedia. Agar operasi tersebut dapat
berjalan dengan baik dan memuaskan, maka Pelatihan dilakukan dengan
banyak metode. Salah satunya metode tangkap praktek. Yaitu metode dimana setelah
mendapat pengajaran dan pengarahan terlebih dahulu, kemudian langsung
dilanjutkan dengan praktek saat itu juga.
Secara
reguler kami akan beroperasi 6 hari per minggu. Masing – masing 2 hari untuk
angkatan SD, 2 hari untuk SMP, dan 2 hari lagi untuk angkatan SMA/SMK
sederajat.
Para
tutor di “FIA LC” itu terjamin professioanlisme dan ketrampilannya, sehingga
jebolan dari “FIA LC” mempunyai berkualitas skill yang tinggi di bidang
Komputer dan Multimedia..
Lulusan
atau jebolan dari “FIA LC” diharapkan kelak akan menjadi :
Ø Seorang
ahli computer, baik dalam hardware maupun software. Dimana dengan
ketrampilan tersebut dapat menjadi mata pencahariannya.
Ø Menjadi
seorang konsultan IT
Ø Seorang
photographer yang handal
Ø Cameramen
professional
Dll.
F. KESIMPULAN
DAN REKOMENDASI
Kesimpulan
kami atas usaha “FIA LC” ini adalah :
a) Prospek
usaha “FIA LC” ini sangat cerah, seiring dengan meningkatnya pertumbuhan dan
perkembangan IPTEK di jaman sekarng ini.
b) Jasa
Pelatihan Komputer dan Multimedia “FIA LC” akan menjadi pusat pelatihan
dan bimbingan Komputer dan Multimedia untuk pertama kalinya di Cisurupan -
Garut.
c) Dengan
komitmen dan professionalism yang penuh, Pusat Pelatihan “FIA LC” akan
menjadi alternatif pilihan usaha bisnis yang bergerak di bidang jasa Pelatihan
bidang Teknologi.
d) Jebolan
yang dihasilkan dijamin memiliki keterampilan yang handal di bidang Komputer
dan Multimedia
Rekomendasi kami atas jenis usaha jasa pelatihan Computer dan Multimedia ini adalah :
a) Pemerintah
Daerah cisurupan agar dapat memberikan perhatian yang lebih terhadap usaha ini,
karena usaha ini bergerak di jenis karena usaha ini bisa di bilang penting
karena meningkatkan SDM di daerah Cisurupan ini.
b) Bagi
pemuda-pemudi Cisurupan agar dapat bergabung dengan”FIA LC”, tamatan “FIA
LC” dapat bekerja, atau berwirausaha sendiri.
c) Diharapkan
usaha ini nantinya, dapat memakai teknologi yang lebih canggih dalam bidang
multimedia.
d) Agar
usaha ini dapat tumbuh dengan baik, sangat diharapkan adanya partisipasi dari
pemerintah dan masyarakat sekitar Cisurupan
Contoh
Proposal Usaha Warnet
A.
PENDAHULUAN
1.
Latar Belakang
Seiring
dengan perkembangan teknologi dan komunikasi
telah menempatkan internet
menjadi layaknya
sebuah kebutuhan pokok. Di Indonesiakesadaran masyarakat akan internet
sudah berkembang sangat pesat. Terutama bagi mereka para pelajar, mahasiswa,
pengajar dan masyarakat umum lainnya. Hal ini dikarenakan sifat berita internet
yang global, sehingga kita dapat terkoneksi ke seluruh jaringan di dunia,
berkomunikasi dengan siapapun dan dimanapun, mendapatkan pengetahuan atau
sesuatu yang kita butuhkan.
Di
zaman sekarang ini banyak sekali bentuk pemanfaatanteknologi
informasi di kalangan masyarakat. Apalagi dengan semakin terkenalnya
internet di kalangan masyarakat menyebabkan menjamurnya bisnis warnet di
berbagai kota di Indonesia.
2.
Perumusan Masalah
Hampir
setiap golongan masyarakat menggunakan teknologi internet, mulai dari pelajar,
mahasiswa, orang tua, pejabat, dan berbagai lapisan masyarakat. Selain itu,
dari survey kecil-kecilan yang kami lakukan pada beberapa warnet yang ada di
kota Bekasi terlihat sering kali terjadi pengantrian untuk menggunakan
internet. Secara tidak langsung hal ini menunjukan pengguna internet dari tahun
ke tahun tidak pernah turun. Bila dibandingkan dengan beberapa bisnis lain,
maka jelas bahwa usaha warnet mempunyai prospek jangka panjang yang lebih baik
dibandingkan dengan bisnis lain, misalnya bisnis makanan yang penggemarnya bisa
naik turun sesuai dengan perubahan selera masyarakat dan trend yang sedang
berkembang.
3.
Tinjaun Pustaka
Teknologi
Informasi dan Telekomunikasi (Information and Communication Technology/
ICT) merupakan tulang punggung aplikasi Web 2.0. Perkembangan Teknologi
Informasi dan Komunikasi yang fenomenal dan menjadi awal munculnya aplikasi web
adalah Internet. Internet yang berawal dari riset untuk pertahanan dan keamanan
serta pendidikan berkembang menjadi perangkat pendukung bisnis yang sangat
berpengaruh.(Admin,2008) Internet sendiri merupakan suatu bentuk jaringan
komputer/networking yang terdiri dari gabungan beberapa LANyang saling
terhubung di seluruh dunia. Internet berguna untuk berkomunikasi dan bertukar
informasi, file, data, suara, gambar dan sebagainya antara manusia di seluruh
dunia.(DuniaCyber.Com,2009).
Komputer
dan jaringan dengan berbagai platform yang mempunyai perbedaan
dan cirri khas masing-masing (Unix, Linux,Windows, Mac, dll) bertukar
informasi dengan sebuah protokol standar yang dikenal dengan nama TCP/IP
(Transmission Control Protocol/Internet Protocol). TCP/IP tersusun atas 4 layer
(network access, internet, host-to-host transport, dan application) yang
masing-masing memiliki protokolnya sendiri-sendiri. (DuniaCyber.Com,2009).
Dari
uraian di atas dapat dipahami betapa internet telah menjadi kebutuhan yang
universal. Ini adalah sinyal yang tepat untuk mencoba membangun sebuah bisnis
jasa pengadaan koneksi internet berupa warung internet / warnet Untuk
memulaimembangun warnet diperlukan suatu perhitungan bisnis yang tepat meliputi
lokasi dan dana investasi. Kemudian faktor teknis berupa jenis komputer yang
digunakan, koneksi internet, topologi jaringan,software dan system yang
digunakan. Selain itu agar operasional warnet dapat berjalan lancar dan
memuaskan pelanggan, diperlukan suatu management operasional yang
handal yang tanggap akan penyediaan layanan yang prima dan mampu membuat
inovasi (A.Toha Mansur, BeritaNET.com).
4. Tujuan
4. Tujuan
Tujuan
dari pendirian usaha warnet ini adalah :
a. Tujuan
sosial :
•
Memudahkan mengakses informasi secara lebih cepat, baik dari dalam negeri
maupun luar negeri.
•
Meningkatkan mutu SDM masyarakat sekitar dalam mengenal dan menerapkan
teknologi dalam kehidupan sehari-hari.
•
Menciptakan lapangan kerja
b. Tujuan
Komersial :
•
Mendapatkan profit.
•
Sebagai lahan berwirausaha.
5.
Manfaat
Dengan
adanya usaha warnet ini diharapkan dapat memberi kemudahan akses
internet
bagi masyarakat yang butuh dan semakin peduli dengan informasi global.
Dilihat dari itu semua, kami menawarkan kerjasama selama 3 tahun untuk mendirikan dan mengelola warnet dan pelatihan internet singkat.
Dilihat dari itu semua, kami menawarkan kerjasama selama 3 tahun untuk mendirikan dan mengelola warnet dan pelatihan internet singkat.
6. Target
Target
pelanggan warnet ini adalah : pelajar dan pemuda masyarakat disekitarnya.
Mereka menggunakan internet untuk hiburan semata yang frekuensinya cukup
tinggi. Umumnya mereka hanya membuka program chatting juga games online dan
situs jejaring social lainnya.
7. Kebutuhan Sumber Daya Manusia (SDM)
Untuk
mendirikan warnet dibutuhkan tenaga ahli antara lain :
•
Konsultan warnet.
•
Tenaga ahli listrik.
•
Tenaga ahli networking.
•
Tenaga ahli komputer.
•
Marketing.
•
Operator warnet.
Dari
uraian kebutuhan SDM diatas, kami akan memenuhi semua kecuali operator
warnet, kami hanya mencari dan mentraining operator warnet, sedangkan untuk
honor warnet diambil dari biaya operasional warnet bulanan. Jadi untuk
pekerjaan tersebut diatas (kecuali operator warnet) tidak diperlukan biaya jasa
lagi.
B.
PROFIL PERUSAHAAN
1. Nama Usaha
Warnet
tersebut akan kami beri nama “Cozy.NET”. Warnet ini beroperasi dari jam
07.00 WIB – 22.00 WIB.
2.
Rencana Lokasi
Rencana
lokasi operasional usaha akan ditempatkan didaerah yang memenuhi syarat sebagai
berikut :
•
Lokasi dekat dengan kawasan pendidikan baik itu Sekolah Menengah Umum dan
Sekolah Menengah Pertama.
•
Lokasi berada di pusat keramaian, misalnya di pasar dan perkantoran.
• Lokasi
berada ditengah kawasan penduduk.
Lokasi
yang kami prioritaskan adalah di Perumahan Kemang Pratama Bekasi, dengan
pertimbangan :
•
Dilokasi belum ada warnet dalam radius 1 KM.
•
Disekitar lokasi terdapat beberapa sekolah antara lain :
Sekolah Al-Azhar, Sekolah Marsudirini, dan Victory.
Sekolah Al-Azhar, Sekolah Marsudirini, dan Victory.
•
Lokasi berada pada perumahan penduduk.
C.
PRODUK
1. Jenis Produk
Perlengkapan
warnet seperti perangkat keras yang akan digunakan dalam komputer ini adalah :
•
Komputer Pentium 4 built up second sebanyak 4 unit, server Pentium Core 2
Duo 1 unit
• Perangkat
jaringan.
•
Koneksi internet menggunakan Wireless dengan Telkomnet Speedy ADSL
• Sistem operasi yang akan digunakan adalah Windows XP Professional.
2. Keunggulan
• Sistem operasi yang akan digunakan adalah Windows XP Professional.
2. Keunggulan
Kami
memiliki keunggulan dibandingkan warnet lain yaitu selain dari segi produk yang
telah dilengkapi hardware dan software yang canggih, kami memberikan segi
pelayanan kepada konsumen seperti adanya sistem paket dengan harga yang lebih
hemat dan sistem point jika konsumen telah 10 kali berkunjung maka mendapatkan
hak akses sejam gratis. Juga mendapatkan gratis snack setelah menggunakan
internet dalam jangka waktu tertentu.
3. Jenis Usaha
Jenis
usaha yang direncanakan sesuai dengan Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimiliki
adalah :
1. Warnet
& Games Online (konsentrasi pada bulan pertama)
2. Service
komputer (pada bulan ke-3)
3. Penjualan
Voucher Handphone (pada bulan ke-4)
4. Digital
Printing (pada bulan ke-5)
D. STRATEGI PROMOSI BISNIS
Strategi yang akan kami jalankan pada perusahaan ini antara lain :
-
Bekerja sama dengan pihak sekolah dalam rangka mengadakan kerja sama pelatihan
komputer dan internet.
-
Kami akan menjalankan kembali organisasi yang bergerak dibidang teknologi
informasi yang akan menghimpun mahasiswa yang mempunyai keahlian dibidang
komputer.
Dengan
strategi ini, kami menargetkan bisa mendapatkan tenaga freelancer
untuk mempromosikan bisnis ini, aset untuk tenaga pengajar dan dapat
mengerjakan proyek-proyek IT.
E.
PENAWARAN
Bentuk
kerjasama yang kami tawarkan adalah pendirian dan pengelolaan warnet dengan
sistem
bagi hasil :
•
60% untuk inventor.
•
40% untuk pengelola.
Jadi
kami hanya mengambil profit hanya dari bagi hasil.
F.
LAPORAN KEUANGAN
1. Bantuan Modal Warnet
2. Tahapan Pelaksanaan Pelatihan
Internet
3. Perkiraan Pendapatan dan Biaya (Cash Flow) Warnet
Laba
bersih Rp 628.000 per bulan, kalau 1 tahun = 12 x Rp 628.000 = Rp 7.536.000,
akan di manfaatkan untuk menginvestasikan kembali pembelian komputer sebanyak 3
buah per tahun.
G. PENUTUP
Demikian proposal yang
kami buat, semoga langkah ini dapat
turut andil dalam mencerdaskan bangsa dan memberikan lapangan
pekerjaan dan memajukan ekonomi Indonesia. Proposal ini juga
dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan bagi pihak instansi
terkait untuk memberikan bantuan dana serta bimbingan teknis
dalam pengelolaan warnet nantinya.
turut andil dalam mencerdaskan bangsa dan memberikan lapangan
pekerjaan dan memajukan ekonomi Indonesia. Proposal ini juga
dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan bagi pihak instansi
terkait untuk memberikan bantuan dana serta bimbingan teknis
dalam pengelolaan warnet nantinya.
Semoga
Allah SWT memberikan berkat dan Rahmatnya bagi kita semua, sebelum dan
sesudahnya kami ucapkan terima kasih banyak.
CONTOH PROPOSAL KEWIRAUSAHAAN TENTANG USAHA
WARNET DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang
B. Tujuan
C. Jasa
Yang Disediakan
BAB II IDENTITAS
PERUSAHAAN
A. Nama dan
Alamat Perusahaan
B. Nama dan
Alamat penanggung Jawab
C. Informasi
Usaha
BAB III PEMASARAN
A. Target
pemasaran
B. Situasi
Persaingan
C. Strategi
Pasar
D. Periklanan
dan Pomosi
BAB IV ASPEK MANAJEMEN
A. Risiko dan
Hambatan
B. Tindakan
Alternatif
BAB V
ASPEK FINANCIAL
A. Modal
B. Perkiraan
Pendapatan
C. Perkiraan
biaya-biaya
D. Perkiraan
Keuntungan
BAB VI PENUTUP
KATA PENGANTAR
Puji syukur panjatkan kehadirat Allah SWT,
yang telah memberikan kemudahan kepada kami untuk
menyelesaikan proposal need@net. Proposal ini dibuat dengan rancangan
yang sistematis, perhitungan, dan dengan cara yang hadal.
Dalam penyusunan proposal ini dibuat
sedemikian rupa, sehinngga dapat dipahami dengan mudah konsep-konsep yang
disajikan. Proposal ini adalah rancangan yang dapat dijadikan suatu pembentukan
usaha bagi wirausahawan yang akan menderikan warnet.
palembang, Febuari 2012
palembang, Febuari 2012
M tri hadi prasetyo
BAB
I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang
Seiring berkembangnya teknologi yang
semakin canggih dan semakindekatnya eraglobalisasi dimana tidak
adanya jarak untuk saling berbagi informasi, saling interaksi dan berkomunikasi
sampai kebelahan dunia. Yang dilakukan dimana saja dan kapan saja maka, sarana
yang paling mendukung adalah adanya internet. Saat ini internet sangatlah
dibutuhkan masyarakat mulai dari sekedar cari informasi, berkomunikasi, ataupun
berbisnis. Dengan internet tidak hanya menjelajah khusus lokal/regional tetepi,
sampai ketaraf international, cari informasi dengan cara browsing, surat
menyurat elektronit(email) ataupun yang lainnya.
Dari sinilah muncul peluang usaha yang kami
tangkap, karena masyarakat sangat membutuhkan fasilitas internet tersebut.
Maka, usaha ynag kami buat adalah mendirikan warung internet atau warnet.
B. Tujuan
1) Sebagai
pengenal teknologi kepada masyarakat
2) Sebagai
penyedia akses internet
3) Memudahkan
masyarakat dalam mecari informasi, interaksi dengan negara lain,
tambahan ilmu pengetahuan dan lain-lain.
4) Menumbuh
kembangkan jiwa wirausaha dan menciptakan lapangan kerja.
C. Jasa
Yang Disediakan
1) Jasa
browsing, surfing, chatting, dan multi player games.
2) Print out,
burning data, dan lain-lain
BAB II
IDENTITAS PERUSAHAAN
A. Nama dan
Alamat Perusahaan
Nama
: need@net.
Alamat
: Jl. Kertanegara
no.19 Jakarta
B. Nama dan
Alamat Penanggung Jawab
Nama
: Nida Usanah
Alamat
: Sumberadi Kebumen
Nama
: Annida Azzakiyah
Alamat
: Jakarta
C. Informasi
Usaha
Usaha ini adalah usaha yang bergerak dalam
bidang jasa yaitu jasa internet. Nama perusahaan ini adalah need@net. Yang
terletak di jalan Kertanegara no.19 Jakarta. Warnet ini terletak di depan jalan
raya dan berdampingan dengan sekolah SMA.
BAB III
PEMASARAN
PEMASARAN
A. Target
Pemasaran
Internet adalah kebutuhan dari semua kalangan.
Hampir setiap orang membutuhkan internet untuk mengakses kebelahan dunia dalam
mencari informasi atau yang lainnya. Target dari pemasaran jasa ini adalah para
remaja, anak sekolah, dan para pembisnis.
B. Situasi
Persaingan
Analisis persaingan tentulah amat sangat
ketat. Apalagi letak dari warnet ini dipinggir jalan perkotaan yang memang
sudah banyak warnet yang didirikan. Tapi, kami mempunyai rancangan yang
berbeda dari mereka semua. Rancangan ini dimaksudkan mudah dalam mecari
pelanggan.
C. Strategi
Pasar
Sasaran lokasi pemasaran adalah didirikan di
daerah perkotaan dekat dengan sekolahan. Daerah tersebut menurut kami adalah
sangat strategis karena, banyak anak sekolah dan memudahkan dalam
pencarian karena, didepan jalan raya.
D. Periklanan
atau Promosi
Untuk diketahui masyarakat, kami mempromosikan
usaha ini dengan cara pembuatan brosur, periklanan di koran Suara
Merdeka dan pemasangan iklan di radio. Hal ini memudahkan kami dalam mencari
pelanggan.
BAB IV
ASPEK MANAJEMEN
A. Risiko
dan Hambatan
1) Kurangnya
modal dalam memfasilitasi keadaan warnet
2) Kurangnya
minat masyarakat akan teknologi
3) Minimnya
pelanggan
4) Layanan
akses internet yang lambat
B. Tidakan
Alternatif
1) Kurangnya
modal dapat diatasi dengan meminjam uang di bank
2) Kurangnya
minat masyarakat dapat kita lakukan dengan penyebaran brosur yang berisi ajakan
untuk menyeimbangi perkembangan zaman
3) Minimnya
pelanggan dengan menambahkan iklan di radio lain
4) Akses
internet ynag lambat harus adanya teknisi yang berpengalaman dalm mengatasi
BAB V
ASPEK FINANSIAL
A. Modal
· Gedung
Rp. 30.000.000
· Tanah
Rp. 20.000.000
· Computer
Amd,speaker aktif,Vga sound
Integrated,keyboard,mouse,cpu
21xRp.6.000.000
Rp. 126.000.000
· Billing,meja,
kursi 20
@Rp.1.000.000
Rp. 20.000.000
· Meja,
kursi
operator
Rp. 1.000.000
· Printer
Rp. 600.000
· Scanner
Rp. 1.000.000
· HUB
Rp. 1.000.000
· Kabel
LAN
Rp.1.000.000
· Modem
Rp. 1.000.000
· Biaya
Regristrasi
telkom
Rp.200.000
· Genset
Rp. 2.000.000
Jumlah
Rp.203.800.000
B. Perkiraan
Pendapatan
· Pendapatan
per jam Rp.3000, terdapat PC yang aktif 20 digunakan selama 15 jam
· Pedapatan
per hari
Rp.3000x15x20
Rp 900.000
· Pendapatan
per bulan
Rp.900.000x30
Rp.27.000.000
· Rata-rata
pendapatan (okupansi) sebesar 50% dari jumlah yang ditargetkan
ü Perhari
Rp.900.000x50%
Rp.450.000
ü Perbulan
Rp.27.000.000x50%
Rp. 13.500.000
C. Biaya-Biaya
· Telkom
dan
provider
Rp.3.000.000
· Listrik
dan
telepon
Rp.2.000.000
· Gaji
1 orang karyawan
Rp.300.000
· Teknisi
Rp.1.000.000
· Lain-lain
Rp. 100.000
Total
Rp.6.400.000
D. Perkiraan
Keuntungan
· Keuntungan
bersih
Rp.27.000.000-Rp.6.400.000
Rp.20.400.000
· Keuntungan
rata-rata Rp.13.500.000-Rp.6.400.000 Rp.7.100.000
BAB VI
PENUTUP
Demikian proposal kami susun untuk
dipergunakan sebagaimana mestinya. Dokumen dalam proposal, disusun bagi
wirausahawan untuk membangun usaha internet atau warnet. Kami berharap ini bisa
mendorong masyarakat untuk mengetahui teknologi yang memang sekarang sedang
mengglobalisasi.
Diharapkan dengan adanya warnet ini masyarakat
dapat mengenali dan mempermudah dalam mengakses internet. Untuk itu kami mohon
bantuan dari pihak yang berwenang agar pendirian need@net dapat terlaksana.
Atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan
terimaksih
PROPOSAL
PENDIRIAN WARNET
A. PENDAHULUAN
Melihat tren masyarakat saat ini dan mendatang yaitu makin tingginya jumlah
pengakses internet terutama kalangan pelajar dan mahasiswa, maka kami mengusulkan
pendirian usaha untuk menangkap tren tersebut menjadi peluang bisnis yang
menjanjikan.
Berdasarkan pengalaman mendirikan dan mengelola warnet Laa Tahnzan, dan
memberikan konsultasi pendirian warnet antara lain :
Warnet Polycom di Bukit Besar
Warnet AnNajm di Jalan Merdeka
depan Stikes Bina Husada
Warnet Adinda di TImbangan
Indralaya
Maka kami mengajukan proposal penawaran kerjasama selama 3 tahun untuk
mendirikan dan mengelola warnet dan pelatihan internet singkat.
B. TUJUAN
a. Tujuan sosial :
Menciptakan lapangan kerja
Memberikan pendidikan IT kepada
pelajar dan masyarakat sekitar
b. Tujuan Komersial :
Mendapatkan profit.
C. KEBUTUHAN SDM
Untuk mendirikan warnet dibutuhkan tenaga ahli antara lain :
Konsultan warnet
Tenaga ahli listrik
Tenaga ahli networking
Tenaga ahli komputer
Marketing
Operator warnet
Dari uraian kebutuhan SDM diatas, kami akan memenuhi semua kecuali operator
warnet, kami hanya mencari dan mentraining operator warnet, sedangkan untuk
honor warnet diambil dari biaya operasional warnet bulanan. Jadi untuk
pekerjaan tersebut diatas (kecuali operator warnet) tidak diperlukan biaya jasa
lagi.
D. PENAWARAN
Bentuk kerjasama yang kami tawarkan adalah pendirian dan pengelolaan warnet
dengan sistem bagi hasil :
60% untuk fery agus priana
40% untuk pengelola
Jadi kami hanya mengambil profit hanya dari bagi hasil.
E. URAIAN PEKERJAAN
a. Rancangan denah untuk LAN dan listriik
b. Pembelian asset
c. Instalasi listrik
d. Instalasi computer
e. Instalasi LAN
f. Instalasi Internet
g. Instalasi Proxy
h. Instalasi Billing
i. Training
operator
j. Promosi
Dari poin pekerjaan tersebut diatas, kami akan mengerjakan semua pekerjaan
tersebut diatas. Kami hanya membutuhkan ruang tempat dan listrik dan modal
usaha, selain itu semua kami akan kerjakan sendiri.
F. STRATEGI PROMOSI
Strategi yang akan kami jalankan pada perusahaan ini antara lain :
Bekerja sama dengan pihak sekolah dalam rangka mengadakan kerja sama pelatihan komputer dan internet.
Kami akan menjalankan kembali organisasi yang bergerak dibidang teknologi informasi yang akan menghimpun mahasiswa yang mempunyai keahlian dibidang komputer. Dengan strategi ini, kami menargetkan bisa mendapatkan tenaga freelancer untuk mempromosikan bisnis ini, aset untuk tenaga pengajar dan dapat mengerjakan proyek-proyek IT.
USULAN BIAYA PENGAJUAN PROPOSA
BANTUAN MODAL WARNET
Strategi yang akan kami jalankan pada perusahaan ini antara lain :
Bekerja sama dengan pihak sekolah dalam rangka mengadakan kerja sama pelatihan komputer dan internet.
Kami akan menjalankan kembali organisasi yang bergerak dibidang teknologi informasi yang akan menghimpun mahasiswa yang mempunyai keahlian dibidang komputer. Dengan strategi ini, kami menargetkan bisa mendapatkan tenaga freelancer untuk mempromosikan bisnis ini, aset untuk tenaga pengajar dan dapat mengerjakan proyek-proyek IT.
USULAN BIAYA PENGAJUAN PROPOSA
BANTUAN MODAL WARNET
NO.
|
URAIAN
|
KUANTITAS
|
HARGA SATUAN (RP)
|
JUMLAH (RP)
|
1.
|
Perangakat Keras (Hardware
Internet AccesSharing UPS 600 VA Modem US Robotic HUB 16 Port Kabel UTP RJ-45 LAN Card Sound Card Tambahan Memory |
1 Buah
1 Buah
1 Buah
1 Buah
50 Meter
6 Buah
5 Buah
5 Buah
Rp 2.000.000,-
Rp 750.000,-
Rp 1.100.000,-
Rp 700.000,-
Rp 5.500,-
Rp 100.000,-
Rp 150.000,-
Rp 125.000,-
Rp 2.000.000,-
Rp 750.000,-
Rp 1.100.000,-
Rp 700.000,-
Rp 275.000,-
Rp 600.000,-
Rp 750.000,-
Rp 625.000,-2.Instalasi (Installation)
a. Biaya Instalasi Server
b. Biaya Instalasi Workstation
1 Unit
5 Unit
Rp 150.000,-
Rp 25.000,-
Rp 150.000,-
Rp 125.000,-3.Konsultasi (Counsalting)
a. Biaya Konsultasi Networking
b. Biaya Konsultasi Bisnis Internet
5 Unit
3 Hari
Rp 40.000,-
Rp 75.000,-
Rp 200.000,-
Rp 225.000,-4.Pelatihan (Training) untuk 10
angkatan bagi masyarakat, DU/DI *)
a. Biaya Pelatihan Administrator
b. Biaya Diklat Internet
20 Orang
2 orang x 10 angkatan
Rp 125.000,-
Rp 100.000,-
Rp 2.500.000,-
Rp 2.000.000,-
Jumlah
Rp 12.000.000,-
*) TAHAPAN PELAKSANAAN PELATIHAN INTERNET
NO.
|
TAHAP/ANGKATAN
|
UNSUR YANG AKAN DILATIH
|
1.
|
Tahap I
|
Angkatan 1 s.d 5
Kepala Sekolah
Guru Komputer SMK Negeri/Swasta
2.Tahap II
Angkatan 6 dan 7
KADIN
PEMDA
INDUSTRI
BAPPEDA
3.Tahap III
Angkatan 8 dan 9
Siswa SMK lain
SMU
SLTP
4.Tahap IV
Angkatan 10
Masyarakat umum/bukan warga Sekolah
PERKIRAAN PENDAPATAN DAN BIAYA (CASH FLOW) WARNET
A.
|
Beban/Biaya
|
Perhitungan
|
Jumlah (Rp)
|
1.
|
Biaya Tetap
|
a. Biaya telepon
b. Biaya akses Internet
Biaya telp 1 pulsa = 2 menit =Rp 200
1 hari = 10 jam = 600 menit, 600 : 2 menit
= 300 pulsa, 300 x Rp 200 = Rp 60.000
Rp 60.000 x 24 hari
Rp 3.300 x 10 jam x 24 hari
Rp 1.440.000,-
Rp 792.000,-
2.Biaya Variabel
a. Pemeliharaan
b. Biaya ATK
c. Biaya listrik
d. Gaji administrator
e. Gaji office boy
f. Gaji satpam
g. …………………
Rp 100.000,-
Rp 100.000,-
Rp 100.000,-
Rp 250.000,-
Rp 100.000,-
Rp 100.000,-
B
|
Pendapatan
|
Perhitungan
|
Jumlah (Rp)
|
1.
|
Jasa Akses Internet
|
5 x 8 jam x Rp 3.500x 24 hari
|
Rp
3.360.000,-
|
2.
|
Jasa Kursus Internet
|
2 orang x Rp 5.000 x 1 jam x 10
hari
|
Rp
100.000,-
|
3
|
Jasa Print Out Rp
100.000,-4.Rental KomputerRp 1000 x 5 jam x 10
hariRp
50.000,-
Total Pendapatan
Rp 3.610.000,-
C
|
Perolehan Laba Usaha
|
Jumlah (Rp)
|
1.
|
Pendapatan
|
Rp 3.610.000,-
|
2.
|
Beban / Biaya
|
Rp 2.982.000,-
|
Laba Bersih
|
Rp
628.000,-
|
Laba bersih Rp 628.000 per bulan, kalau 1 tahun = 12 x Rp 628.000 = Rp
7.536.000, akan di manfaatkan untuk menginvestasikan kembali pembelian komputer
sebanyak 3 buah per tahun.
H.
I. WAKTU
Lama waktu pendirian warnet adalah selama 1 bulan.
BIODATA PENGELOLA
Nama
: Afeyaja
Tempat,tanggal lahir
: Jakarta, 7 Agustus 1990
Alamat : Jl. Suwakarya No.28 Kec.Gunung Kidul Desa Sukamaju
Alamat : Jl. Suwakarya No.28 Kec.Gunung Kidul Desa Sukamaju
HP
: 080999992011
Email
: afeyaja@ymail.com
Website
: www.afeyaja.co.id
Pendidikan
: Teknik Komputer Fakultas Ilmu Komputer 2009
Organisasi di bidang IT
Ketua Umum CNRC GUNDAR (Computer Network Research
Community).
Tim Admin Portal KAMMI Pusat
Pengalaman Training Lepas
Nara sumber dalam Seminar teknologi
SMU se-Kodya Sukabumi “Komputerisasi, Internet dan dampaknya terhadap pelajar.
Pada tanggal 13 Mei 2001 di SMA 1 Cisolok..
Nara sumber Pelatihan Dasar
Internet oleh KI BWPI FP UNSRI pada tanggal 5 Juni 2001, dan 11 juni 2001 di
warnet AfeyNet Sukabumi.
Nara sumber Pelatihan Dasar
Internet oleh KI BWPI FP UNSRI pada tanggal 8 dan 9 Desember 2001 dan di warnet
MarkoNet Jakarta.
Nara sumber pelatihan desain web
oleh Pentium III SMA 1 Cisolok pada tanggal 10 Februari 02 di GlobalNet Center.
Nara Sumber Pelatihan Internet BEM
FMIPA UNSRI pada tanggal 9,10, 15,16, dan 17 maret 2002 di Sriwijaya Net Center
Jakarta.
Pelatihan dasar internet untuk
pengurus BEM FKIP UNSRI pada tanggal 23 Maret 2002 di Warnet Ter@Net Sukabumi.
PENUTUP
Demikianlah data-data ini kami perbuat sebagai suatu acuan dalam pengelolan
warnet di masyarakat juga dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan bagi
Direktorat Dikmenjur dan pihak instansi terkait untuk memberikan bantuan dana
serta bimbingan teknis dalam pengelolaan warnet nantinya.
Semoga Allah Swt memberikan berkat dan Rahmatnya bagi kita semua, sebelum
dan sesudahnya kami ucapkan terima kasih banyak.
Kata Pengantar
Puji
syukur kami ucapkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, karna Berkat Karunia-Nya
penulis dapat menyelesaikan tugas proposal membuat usaha warnet. Penulis
juga bersyukur atasrezeki serta kesehatan yang diberikan kepada penulis
sehingga dapat mengumpulkan proposal ini. Penulis juga berterima kasih kepada
Guru Pengajar atas arahan yang telah di berikan selama ini.
Penulis sadar bahwa tugas mengenai usaha warnet yang telah dibuat ini masih jauh dari sempurna, karna itu penulis mengharapkan saran dan kritik dari bapak/ibu guru.
Demikian proposal ini penulis buat, apabila ada kesalahan dalam penulisan, penulis mohon maaf, karena penulis hanyalah manusia biasa.
Penulis sadar bahwa tugas mengenai usaha warnet yang telah dibuat ini masih jauh dari sempurna, karna itu penulis mengharapkan saran dan kritik dari bapak/ibu guru.
Demikian proposal ini penulis buat, apabila ada kesalahan dalam penulisan, penulis mohon maaf, karena penulis hanyalah manusia biasa.
Pendahuluan
A.
Latar Belakang
Seiring
dengan perkembangan teknologi dan komunikasi telah menempatkan internet menjadi layaknya sebuah kebutuhan pokok. Di Indonesia
kesadaran masyarakat akan internet sudah berkembang sangat pesat. Terutama bagi
mereka para pelajar, mahasiswa, pengajar dan masyarakat umum lainnya. Hal ini
dikarenakan sifat berita internet yang global, sehingga kita dapat terkoneksi
ke seluruh jaringan di dunia, berkomunikasi dengan siapapun dan dimanapun,
mendapatkan pengetahuan atau sesuatu yang kita butuhkan.
Di zaman sekarang ini banyak sekali bentuk pemanfaatan teknologi informasi di kalangan masyarakat. Apalagi dengan semakin terkenalnya internet di kalangan masyarakat menyebabkan menjamurnya bisnis warnet di berbagai kota di Indonesia.
Di zaman sekarang ini banyak sekali bentuk pemanfaatan teknologi informasi di kalangan masyarakat. Apalagi dengan semakin terkenalnya internet di kalangan masyarakat menyebabkan menjamurnya bisnis warnet di berbagai kota di Indonesia.
B. Tujuan
Adapun tujuan dari pembuatan warnet EDP.NET ini antara lain:
Adapun tujuan dari pembuatan warnet EDP.NET ini antara lain:
a. Tujuan social :
·
Memudahkan mengakses
informasi secara lebih cepat, baik dari dalam negeri maupunluar negeri.
·
Meningkatkan mutu SDM
masyarakat sekitar dalam mengenal dan menerapkan teknologi dalam kehidupan
sehari-hari.
·
Menciptakan lapangan
kerja
b. Tujuan komersial :
·
Mendapatkan profit
·
Sebagai lahan
berwirausaha
C.
Manfaat
Dengan
adanya usaha warnet ini diharapkan dapat memberi kemudahan akses internet bagi
pelajar, mahasiswa bahkan masyarakat yang butuh dan semakin peduli dengan
informasi global.
Kemudian
untuk mempercepat informasi bagi masyarakat agar masyarakat tidak tertinggal dengan teknologi di zaman
modern ini.
D.
Target
Target
pelanggan warnet ini adalah : pelajar dan pemuda masyarakat disekitarnya.
Mereka menggunakan internet untuk hiburan semata yang frekuensinya cukup
tinggi. Umumnya mereka hanya membuka program chatting juga games online dan
situs jejaring social lainnya.
E.
Kebutuhan Sumber Daya Manusia
Untuk
mendirikan warnet dibutuhkan tenaga ahli antara lain :
·
Konsultan
warnet.
·
Tenaga
ahli listrik.
·
Tenaga
ahli networking.
·
Tenaga
ahli komputer.
·
Marketing.
·
Operator warnet.
Dari
uraian kebutuhan SDM diatas, kami akan memenuhi semua kecuali operator
warnet, kami hanya mencari dan mentraining operator warnet, sedangkan untuk
honor warnet diambil dari biaya operasional warnet bulanan. Jadi untuk
pekerjaan tersebut diatas (kecuali operator warnet) tidak diperlukan biaya jasa
lagi.
PROFIL PERUSAHAAN
A.
Nama Usaha
Warnet
tersebut akan kami beri nama “EDP NET”. Warnet ini beroperasi dari jam 07.00 WIB – 22.00
WIB.
B.
Rencana Lokasi
Rencana
lokasi operasional usaha akan ditempatkan didaerah yang memenuhi syarat sebagai
berikut :
·
Lokasi
dekat dengan kawasan pendidikan baik itu Sekolah Menengah Umum dan Sekolah
Menengah Pertama.
·
Lokasi
berada di pusat keramaian, misalnya di pasar dan perkantoran.
·
Lokasi
berada ditengah kawasan penduduk.
·
Lokasi
yang kami prioritaskan adalah di Perumahan Kemang Pratama Bekasi, dengan pertimbangan: Dilokasi
belum ada warnet dalam radius 1KM.
·
Disekitar
lokasi terdapat beberapa sekolah antara lain:
1. Sekolah Al-Azhar
2. Sekolah Marsudirini, dan
3. Victory.
- Lokasi
berada pada perumahan penduduk.
C.
Produk
1. Jenis Produk
Perlengkapan warnet seperti perangkat keras yang akan
digunakan dalam komputer ini adalah :
·
Komputer
Pentium 4 built up second sebanyak 4 unit, server
Pentium Core 2 Duo 1 unit.
·
Perangkat jaringan.
·
Koneksi internet menggunakan Wireless
dengan Telkomnet Speedy ADSL.
·
Sistem operasi yang
akan digunakan adalah Windows XP Professional.
2. Keunggulan
Kami memiliki keunggulan dibandingkan warnet lain
yaitu selain dari segi produk yang telah dilengkapi hardware dan software yang
canggih, kami memberikan segi pelayanan kepada konsumen seperti adanya sistem
paket dengan harga yang lebih hemat dan sistem point jika konsumen telah 10
kali berkunjung maka mendapatkan hak akses sejam gratis. Juga mendapatkan
gratis snack setelah menggunakan internet dalam jangka waktu tertentu.
3. Jenis Usaha
Jenis usaha yang direncanakan sesuai dengan Sumber
Daya Manusia (SDM) yang dimiliki adalah :
1. Warnet & Games Online (konsentrasi
pada bulan pertama)
2. Service komputer (pada bulan ke-3)
3. Penjualan Voucher Handphone (pada bulan
ke-4)
4. Digital Printing (pada bulan ke-5)
D. STRATEGI PROMOSI BISNIS
Strategi
yang akan kami jalankan pada perusahaan ini antara lain:
1. Bekerja sama dengan pihak sekolah dalam
rangka mengadakan kerja sama pelatihan komputer dan internet.
2. Kami akan menjalankan kembali organisasi
yang bergerak dibidang teknologi informasi yang akan menghimpun mahasiswa yang
mempunyai keahlian dibidang komputer.
Dengan
strategi ini, kami menargetkan bisa mendapatkan tenaga freelancer untuk
mempromosikan bisnis ini, aset untuk tenaga pengajar dan dapat mengerjakan
proyek-proyek IT.
E.
PENAWARAN
Bentuk kerjasama yang kami tawarkan adalah pendirian dan pengelolaan warnet dengan
sistem bagi hasil.
Bentuk kerjasama yang kami tawarkan adalah pendirian dan pengelolaan warnet dengan
sistem bagi hasil.
- 60% untuk
inventor.
- 40% untuk
pengelola.
Jadi
kami mengambil profit hanya dari bagi hasil.
TEORI DASAR JARINGAN
1. Apa Itu Jaringan Komputer
1. Apa Itu Jaringan Komputer
Jaringan
Komputer adalah sekelompok komputer otonom yang saling berhubungan antara satu
dengan lainnya menggunakan protokol komunikasi melalui media komunikasi
sehingga dapat saling berbagi informasi, program – program, penggunaan bersama
perangkat keras seperti printer, harddisk, dan sebagainya. Selain itu jaringan
komputer bisa diartikan sebagai kumpulan sejumlah terminal komunikasi yang
berada diberbagai lokasi yang terdiri dari lebih satu komputer yang saling
berhubungan.
A. Sharing resources
Sharing resources bertujuan agar seluruh program, peralatan atau peripheral lainnya dapat dimanfaatkan oleh setiap orang yang ada pada jaringan komputer tanpa terpengaruh oleh lokasi maupun pengaruh dari pemakai.
Sharing resources bertujuan agar seluruh program, peralatan atau peripheral lainnya dapat dimanfaatkan oleh setiap orang yang ada pada jaringan komputer tanpa terpengaruh oleh lokasi maupun pengaruh dari pemakai.
B. Media Komunikasi
Jaringan komputer memungkinkan terjadinya komunikasi antar pengguna, baik untuk teleconference maupun untuk mengirim pesan atau informasi yang penting lainnya.
Jaringan komputer memungkinkan terjadinya komunikasi antar pengguna, baik untuk teleconference maupun untuk mengirim pesan atau informasi yang penting lainnya.
C. Integrasi Data
Jaringan komputer dapat mencegah ketergantungan pada komputer pusat, karena setiap proses data tidak harus dilakukan pada satu komputer saja, melainkan dapat didistribusikan ke tempat lainnya. Oleh sebab inilah maka dapat terbentuk data yang terintegrasi yang memudahkan pemakai untuk memperoleh dan mengolah informasi setiap saat.
Jaringan komputer dapat mencegah ketergantungan pada komputer pusat, karena setiap proses data tidak harus dilakukan pada satu komputer saja, melainkan dapat didistribusikan ke tempat lainnya. Oleh sebab inilah maka dapat terbentuk data yang terintegrasi yang memudahkan pemakai untuk memperoleh dan mengolah informasi setiap saat.
D. Pengembangan dan Pemeliharaan
Pengembangan peralatan dapat dilakukan dengan mudah dan menghemat biaya, karena setiap pembelian komponen seperti printer, maka tidak perlu membeli printer sejumlah komputer yang ada tetapi cukup satu buah karena printer itu dapat digunakan secara bersama – sama. Jaringan komputer juga memudahkan pemakai dalam merawat harddisk dan peralatan lainnya, misalnya untuk memberikan perlindungan terhadap serangan virus maka pemakai cukup memusatkan perhatian pada harddisk yang ada pada komputer pusat.
Pengembangan peralatan dapat dilakukan dengan mudah dan menghemat biaya, karena setiap pembelian komponen seperti printer, maka tidak perlu membeli printer sejumlah komputer yang ada tetapi cukup satu buah karena printer itu dapat digunakan secara bersama – sama. Jaringan komputer juga memudahkan pemakai dalam merawat harddisk dan peralatan lainnya, misalnya untuk memberikan perlindungan terhadap serangan virus maka pemakai cukup memusatkan perhatian pada harddisk yang ada pada komputer pusat.
E. Keamanan Data
Sistem Jaringan Komputer dapat memberikan perlindungan terhadap data. Karena pemberian dan pengaturan hak akses kepada para pemakai, serta teknik perlindungan terhadap harddisk sehingga data mendapatkan perlindungan yang efektif.
Sistem Jaringan Komputer dapat memberikan perlindungan terhadap data. Karena pemberian dan pengaturan hak akses kepada para pemakai, serta teknik perlindungan terhadap harddisk sehingga data mendapatkan perlindungan yang efektif.
F. Sumber Daya Lebih
Efisien dan Informasi Terkini
Dengan pemakaian sumber daya secara bersama – sama, akan mendapatkan hasil yang maksimal dan kualitas yang tinggi. Selain itu data atau informasi yang diakses selalu terbaru, karena setiap ada perubahan yang terjadi dapat segera langsung diketahui oleh setiap pemakai.
Dengan pemakaian sumber daya secara bersama – sama, akan mendapatkan hasil yang maksimal dan kualitas yang tinggi. Selain itu data atau informasi yang diakses selalu terbaru, karena setiap ada perubahan yang terjadi dapat segera langsung diketahui oleh setiap pemakai.
2.
Manfaat Jaringan
Secara umum, jaringan mempunyai beberapa manfaat yang lebih dibandingkan dengan komputer yang berdiri sendiri dan dunia usaha telah pula mengakui bahwa akses ke teknologi informasi modern selalu memiliki keunggulan kompetitif dibandingkan pesaing yang terbatas dalam bidang teknologi.
Secara umum, jaringan mempunyai beberapa manfaat yang lebih dibandingkan dengan komputer yang berdiri sendiri dan dunia usaha telah pula mengakui bahwa akses ke teknologi informasi modern selalu memiliki keunggulan kompetitif dibandingkan pesaing yang terbatas dalam bidang teknologi.
·
Jaringan
memungkinkan manajemen sumber daya lebih efisien.
Misalnya, banyak pengguna dapat saling berbagi printer tunggal dengan kualitas tinggi, dibandingkan memakai printer kualitas rendah di masing-masing meja kerja. Selain itu, lisensi perangkat lunak jaringan dapat lebih murah dibandingkan lisensi stand-alone terpisah untuk jumlah pengguna sama.
Misalnya, banyak pengguna dapat saling berbagi printer tunggal dengan kualitas tinggi, dibandingkan memakai printer kualitas rendah di masing-masing meja kerja. Selain itu, lisensi perangkat lunak jaringan dapat lebih murah dibandingkan lisensi stand-alone terpisah untuk jumlah pengguna sama.
·
Jaringan
membantu mempertahankan informasi agar tetap andal dan up-to-date.
Sistem penyimpanan data terpusat yang dikelola dengan baik memungkinkan banyak pengguna mengaskses data dari berbagai lokasi yang berbeda, dan membatasi akses ke data sewaktu sedang diproses.
Sistem penyimpanan data terpusat yang dikelola dengan baik memungkinkan banyak pengguna mengaskses data dari berbagai lokasi yang berbeda, dan membatasi akses ke data sewaktu sedang diproses.
·
Jaringan
membantu mempercepat proses berbagi data (data sharing).
Transfer data pada jaringan selalu lebih cepat dibandingkan sarana berbagi data lainnya yang bukan jaringan.
Transfer data pada jaringan selalu lebih cepat dibandingkan sarana berbagi data lainnya yang bukan jaringan.
·
Jaringan
memungkinkan kelompok-kerja berkomunikasi dengan lebih efisien.
Surat dan penyampaian pesan elektronik merupakan substansi sebagian besar sistem jaringan, disamping sistem penjadwalan, pemantauan proyek, konferensi online dan groupware, dimana semuanya membantu team bekerja lebih produktif.
Surat dan penyampaian pesan elektronik merupakan substansi sebagian besar sistem jaringan, disamping sistem penjadwalan, pemantauan proyek, konferensi online dan groupware, dimana semuanya membantu team bekerja lebih produktif.
·
Jaringan
membantu usaha dalam melayani klien mereka secara lebih efektif.
Akses jarak-jauh ke data terpusat memungkinkan karyawan dapat melayani klien di lapangan dan klien dapat langsung berkomunikasi dengan pemasok.
Akses jarak-jauh ke data terpusat memungkinkan karyawan dapat melayani klien di lapangan dan klien dapat langsung berkomunikasi dengan pemasok.
Ada
empat tipe jaringan yang umum yang digunakan antara lain :
1. Jaringan WorkGroup,
2. Jaringan LAN (Local Area Network)
3. MAN (Metropolitan Area Network
4. Jaringan WAN (Wide Area Network)
3.
Bagaimana Membuat Warnet
Membuat
warnet tidaklah sulit. Jika komputer kita belum terhubung dengan jaringan yang
ada, maka lebih baik sebelum itu kita melakukan instalasi software maupun
hardware didalam jaringan komputer yang ada terlebih dahulu agar memudahkan
kita. Beberapa persiapan yang kita butuhkan diantaranya :
Beberapa
langkah persiapan membuat warnet yang diperlukan adalah :
1.
PC Server. Minimum specification:
a.
Hardware:
·
CPU : Clock minimal
3.0 GHz
·
RAM : minimal 2 GB
·
Harddisk : minimal 120
GB
·
NIC / LAN Card :
10/100 Mbps, atau 300 Mbps
·
Drive : Tidak Perlu
·
Spesifikasi lain :
Optional
b.
Software:
·
Windows XP / Windows 7
/ Lebih Baru
·
Bandwidth throttling
·
Billing System
·
By default, Anti Virus
dan Firewall
·
Anti Spyware, Anti
Malware, dan Anti Adware
2.
PC Client
a.
Hardware :
·
CPU : dual core @ 3.0
GHz
·
RAM : 1 GB minimal
·
Harddisk : 120 GB
Minimal
·
VGA Card : onboard,
kecuali untuk gaming
b.
Software :
·
Windows XP / Windows 7
/ Lebih Baru
·
Browser : Internet
Explorer, Chrome & Firefox
·
Chatting Tools :
1. Free Yahoo Messenger
2. Free MiRC
3. Free Skype
4. Free Google Talk
·
Adobe Reader
·
Anti Virus
·
Microsoft Office
·
Billing System
Setelah
semua alat siap kita langsung ke cara membuat warnet :
·
Pilih salah satu dari
komputer yang sudah ada untuk dijadikan operator
·
Install aplikasi
billing dan berbagai aplikasi untuk keperluan admin (operator) dan setting
billingnya sebagai operator (admin)
·
Setingg jaringan
warnet, settingan jaringan warnet bisa dilakukan hanya dengan membeli kabel
jaringan ( kabel LAN) ini bisa juga diganti dengan wifi.
·
Kemudian setelah semua
jaringan terpasang dan siap, pasangkan aplikasi billing si semua Komuter dan
atur settingannya sebagai user.
·
Setelah semua beres,
anda bisa cek billing dan kinerja warnet anda anda dan anda bisa restart semua
computer.
BERIKUT
ADALAH GAMBAR DESIN WARNET YANG AKAN SAYA BUAT
Biaya
Pembuatan Warnet
DAFTAR HARGA PERALATAN DAN BAHAN
|
|||||
NO
|
NAMA ALAT/BAHAN
|
SPESIFIKASI
|
HARGA
|
JUMLAH
|
TOTAL HARGA
|
1
|
KOMPUTER SERVER
|
MB.ASUS, HDD 5OOGB, 4GB RAM DDR3, LCD 16 INC SAMSUNG, CASING SONY, PROC
CORE I5, LAN CARD
|
Rp9,000,000.00
|
1
|
Rp12,000,000.00
|
2
|
KOMPUTER CLIENT
|
MB.ASROCK, HDD 250GB, 2GB RAM DDR3, LCD 14 INC ACER, CASING SIMBADDA, PROC
DUAL CORE, LAN CARD
|
Rp5,000,000.00
|
10
|
Rp50,000,000.00
|
3
|
KABEL UTP
|
BELDEN CAT SE 300 M
|
Rp.1,000,000.00
|
1
|
Rp.1,000,000.00
|
4
|
KABEL LISTRIK
|
SAKURA 50 M
|
RP.540,000.00
|
1
|
Rp.540,000.00
|
5
|
STOP KONTAK
|
KUNINGAN 4 PORT
|
RP.32,000.00
|
10
|
Rp.320,000.00
|
6
|
STABILIZER
|
SIMBADDA
|
RP.900,000.00
|
10
|
Rp.9,000,000.00
|
7
|
CRIMPING TOOL
|
Rp.100,000.00
|
2
|
Rp.200,000.00
|
|
8
|
SWITCH
|
TP LINK 18 PORT
|
Rp.900,000.00
|
2
|
Rp.18,000,000.00
|
9
|
INTERNET
|
SPEEDY 100 MBps
|
Rp.1,500,000.00
|
1
|
Rp.1,500,000.00
|
10
|
LAN TESTER
|
SONY
|
Rp.150,000.00
|
1
|
Rp.150,000.00
|
11
|
ACCES POINT
|
Rp.250,000.00
|
1
|
Rp.250,000.00
|
|
12
|
KONEKTOR
|
RJ-45
|
Rp.1,000.00
|
40
|
Rp.40,000.00
|
13
|
BIAYA PEMASANGAN
|
Rp.7,600,000.00
|
-
|
Rp.7,600,000.00
|
|
14
|
KURSI
|
PELASTIK
|
Rp.35,000.00
|
15
|
Rp.525,000.00
|
15
|
MEJA
|
TRIPLEX
|
Rp.430,000.00
|
10
|
Rp.4,300,000.00
|
16
|
KARPET
|
20 X 1 M
|
Rp.350,000.00
|
3
|
Rp.1,050,000.00
|
17
|
SPEAKER
|
SIMBADDA
|
Rp.300,000.00
|
1
|
Rp.300,00.00
|
18
|
HEADSET
|
SONY
|
Rp.60,000.00
|
9
|
Rp.360,000.00
|
19
|
KIPAS ANGIN
|
MIYAKO
|
Rp.320,00.00
|
3
|
Rp.960,00.00
|
20
|
JUMLAH
|
Rp.108,995,000
|
PENUTUP, KESIMPULAN DAN SARAN
A. Kesimpulan
Kesimpulan
dari proposal usaha membuat warnet saya yaitu :
1. Fasilitas ruangan yang dingin dan nyaman
, fasilitas sound system , fasilitas komputer yang sangat lengkap dan
tempat parkir kendaraan yang aman dan nyaman
2. Kebijakan pemerintah yang sudah memberi
surat ijin untuk mendirikan usaha warnet saya.
3. Hadiah yang sangat menarik untuk para
member yang setia pada warnet saya.
4. Dan warnet saya dapat menerima jasa
pengetikan dan printer berwarna.
B.
Saran
Silahkan masukkan saran anda untuk menyukseskan warnet EDP NET.
..............................................................................................................................................
..............................................................................................................................................
..............................................................................................................................................
..............................................................................................................................................
..............................................................................................................................................
..............................................................................................................................................
..............................................................................................................................................
..............................................................................................................................................
..............................................................................................................................................
C. Penutup
Demikian proposal yang kami buat, semoga langkah ini dapat turut andil dalam mencerdaskan bangsa dan memberikan lapangan pekerjaan dan memajukan ekonomi Indonesia. Proposal ini juga dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan bagi pihak instansi terkait untuk memberikan bantuan dana serta bimbingan teknis dalam pengelolaan warnet nantinya.
Semoga Allah SWT memberikan berkat dan Rahmatnya bagi kita semua, sebelum dan sesudahnya kami ucapkan terima kasih banyak.
Silahkan masukkan saran anda untuk menyukseskan warnet EDP NET.
..............................................................................................................................................
..............................................................................................................................................
..............................................................................................................................................
..............................................................................................................................................
..............................................................................................................................................
..............................................................................................................................................
..............................................................................................................................................
..............................................................................................................................................
..............................................................................................................................................
C. Penutup
Demikian proposal yang kami buat, semoga langkah ini dapat turut andil dalam mencerdaskan bangsa dan memberikan lapangan pekerjaan dan memajukan ekonomi Indonesia. Proposal ini juga dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan bagi pihak instansi terkait untuk memberikan bantuan dana serta bimbingan teknis dalam pengelolaan warnet nantinya.
Semoga Allah SWT memberikan berkat dan Rahmatnya bagi kita semua, sebelum dan sesudahnya kami ucapkan terima kasih banyak.
No comments:
Post a Comment