Pages

Thursday, 10 April 2014

contoh proposal usaha

PLANNING USAHA
FIA LEARNING CENTRE
Disusun untuk memenuhi salah satu tugas mata pelajaran  kewirausahaan




Disusun Oleh          :
Ai Roudotul Munawaroh dan Fitri Nurhasanah
Kelas XI Multimedia 1







 KATA PENGANTAR

Rasa syukur yang dalam kami sampaikan ke hadiran Tuhan Yang Maha Pemurah, karena berkat kemurahanNya Tugas Planning Usaha ini dapat kami selesaikan sesuai yang diharapkan. Didalamnya kami membahas mengenai planning usaha yang akan kami buat yaitu “ FIA LEARNING CENTRE “ sebagai pusat pelatihan Komputer dan Multimedia.
 Planning usaha ini dibuat dalam rangka memenuhi salah satu tugas mata pelajaran Kewirausahaan sesuai dengan harapan.
Dalam pembuatan planning usaha ini, tentunya kami mendapatkan bimbingan, arahan, koreksi dan saran, untuk itu kami memohon maaf bila ada kesalahan dalam penulisan maupun isi Planning Usaha ini.
Demikian Planning Usaha ini kami buat semoga bermanfaat.



Cisurupan, 19 September 2011
Penyusun’



FIA LC



A.    PENDAHULUAN
1.      Latar belakang
            IPTEK (ilmu pengetahuan dan teknologi) di Indonesia sedang mengglobalisasi. Peradaban zaman yang semakin butuh akan pendidikan dengan pelajar-pelajar yang kreatif dan cerdas juga menguasai ilmu teknologi yang tinggi. Persiapan para pelajar untuk menghadapi globalisasi zaman terutama dalam bidang teknologi masih kurang,baik dalam sarana prasarana, serta fasilitas dan motivasi kurang minat baca para pelajar. Generasi muda yang akan menjadi penerus bangsa, yang terikat oleh perkembangan dunia  dengan bahasa yang berbeda , maka perlu sekali di bekali oleh keterampilan  teknologi yang tinggi ,termasuk salah satunya keterampilan menggunakan computer dan peralatan multimedia lainnya.
            Banyak pelajar di daerah garut terutama di daerah ci surupan yang belum mengenal teknologi khusunya dalam bidang multimedia, yang akan menjadi penunjang kehidupannya kedepan. Maka kami berinisiatif untuk membuka pusat pelatihan computer dan multimedia khususnya kepada pelajar-pelajar baik SD, SMP, SMA., SMK dan sederajat yang ada di cisurupan dengan metode pengajaran yang mudah dan biaya yang minimum.
2.      Visi      :
Menjadikan SDM di daerah Garut – Bandung  yang berkualitas di bidang Komputer dan Multimedia
3.      Misi     :          
a)      Metode pengajaran lebih mudah  diserap oleh peserta kursus
b)      Menjadikan kursus computer dan Multimedia sebagai kebutuhan untuk para pesertanya
c)      memiliki kualitas tutor yang baik dengan fasilitas memuaskan
4.      Identitas Perusahaan
Nama Bisnis    : FIA LEARNING CENTRE (Computer and Multimedia Learning Centre)
Jenis Bisnis      : JASA PELATIHAN KOMPUTER DAN MULTIMEDIA
Produk Bisnis  : Jasa pelatihan/kursus computer dan peralatan Multimedia lainnya.
Kota Bisnis     : Garut
Motto              : “ Garut  bangkit garut berteknologi“
B.     TUJUAN USAHA

Tujuan dari didirikannya FIA LEARNING CENTRE adalah :
1.      Menjadikan generasi muda mengenal dan menguasai teknologi.
2.      Memberikan  bekal keterampilan untuk memajukan SDM yang ada di Garut dan Cisurupan, khususnya di Cisurupan
3.      Membangkitkan dan membantu masyarakat mengenaipentingnya IPTEK
4.      Melatih keterampilan seorang dalam mendalami ilmu Komputer dan Multimedia.


C.    ANALISIS KEUANGAN  (SARANA DAN PRASARANA)
Berikut ini kami sajikan analisis keuangan, Modal yang dibutuhkan :

No.
Fasilitas
Banyaknya
Biaya / modal
Ket.
1
Bangunan/ rumah bertingkat
1 buah
 100.000.000
Permanen
2
Peralatan produksi
a.       Computer
b.      Handycamp
c.       Kamera Professional
d.      Infokus
e.       Buku-buku/modul teknologi
f.       Mesin cetak

20 unit
10 unit
4 unit
2 unit 
100 buah

2 buah

40.000.000
15.000.000
60.000.000
7.000.000
8.000.000

2.000.000
Milik sendiri
3
Biaya Operasional
a.       Biaya Listrik
b.      Biaya gaji 
c.       Biaya iklan


250.000
1.000.000
1.500.000

Perbulan
Perbulan
Permusim
4
Alat tulis kantor
a.       ATK
b.      Komputer
c.       Mesin cetak

5 pack
3 unit
2 unit 

2.000.000
5.000.000
1.000.000
Milik sendiri
Total
250.000.000

D.    STRATEGI MARKETING

1.      Jasa pelayanan
a.       Bimbingan / pelatihan computer
b.      Pelatihan Video Shooting
c.       Pelatihan Photografi

2.      Keunggulan
a.       Lokasi strategis
b.      Fasilitas memadai
c.       Tempat yang nyaman dan asri
d.      Metode pengajaran yang mendidik dan menyenangkan
e.       Tutor professional

3.      Hambatan
a.       Banyak orang  yang masih terbelakang atau bahkan mungkin tidak mengenal teknologi sama sekali terutama di daerah pedesaan.
b.      Semakin banyak saingan yang membuka usaha sejenis
c.       Kekurangan tutor
d.      Susah mendapatkan peralatan
Untuk mendapatkan peralatan harus ke daerah lain.



E.     RENCANA PRODUKSI DAN OPERASI

Untuk rencana awal kami akan membuka “FIA LC” dekat dengan sekolah di daerah garut dan Cisurupan. Dengan modal dan peralatan  yang telah disediakan. Untuk poses awal kami mulai beroperasi dari 3 hari setelah penempatan bangunan.
Sketsa umum tentang metode pelatihan “FIA LC” :
Usaha utama kami adalah untuk membimbing dan melatih orang-orang yang ingin memperdalam mengenai ilmu computer dan multimedia. Agar operasi tersebut dapat berjalan dengan baik dan memuaskan, maka  Pelatihan dilakukan dengan banyak metode. Salah satunya metode tangkap praktek. Yaitu metode dimana setelah mendapat pengajaran dan pengarahan terlebih dahulu, kemudian langsung dilanjutkan dengan praktek saat itu juga.
Secara reguler kami akan beroperasi 6 hari per minggu. Masing – masing 2 hari untuk angkatan SD,  2 hari untuk SMP, dan 2 hari lagi untuk angkatan SMA/SMK sederajat.
Para tutor di “FIA LC” itu terjamin professioanlisme dan ketrampilannya, sehingga jebolan dari “FIA LC” mempunyai  berkualitas skill yang tinggi di bidang Komputer dan Multimedia..
Lulusan atau jebolan dari “FIA  LC” diharapkan kelak akan menjadi :
Ø  Seorang ahli computer, baik dalam hardware maupun software. Dimana dengan ketrampilan tersebut dapat menjadi mata pencahariannya.
Ø  Menjadi seorang konsultan IT
Ø  Seorang photographer yang handal
Ø  Cameramen professional
Dll.




F.     KESIMPULAN DAN REKOMENDASI
Kesimpulan kami atas usaha “FIA LC” ini adalah :
a)      Prospek usaha “FIA LC” ini sangat cerah, seiring dengan meningkatnya pertumbuhan dan perkembangan IPTEK di jaman sekarng ini.
b)      Jasa Pelatihan Komputer dan Multimedia “FIA LC”  akan menjadi pusat pelatihan dan bimbingan Komputer dan Multimedia untuk pertama kalinya di Cisurupan - Garut.
c)      Dengan komitmen dan professionalism yang penuh, Pusat Pelatihan “FIA LC”  akan menjadi alternatif pilihan usaha bisnis yang bergerak di bidang jasa Pelatihan bidang Teknologi.
d)     Jebolan yang dihasilkan dijamin memiliki keterampilan yang handal di bidang Komputer dan Multimedia

Rekomendasi kami atas jenis usaha jasa pelatihan Computer dan Multimedia ini adalah :
a)      Pemerintah Daerah cisurupan agar dapat memberikan perhatian yang lebih terhadap usaha ini, karena usaha ini bergerak di jenis karena usaha ini bisa di bilang penting karena meningkatkan SDM di daerah Cisurupan  ini.
b)      Bagi pemuda-pemudi Cisurupan agar dapat bergabung dengan”FIA LC”, tamatan “FIA LC”  dapat bekerja, atau berwirausaha sendiri.
c)      Diharapkan usaha ini nantinya, dapat memakai teknologi yang lebih canggih dalam bidang multimedia.
d)     Agar usaha ini dapat tumbuh dengan baik, sangat diharapkan adanya partisipasi dari pemerintah dan masyarakat sekitar Cisurupan












Contoh Proposal Usaha Warnet
 A. PENDAHULUAN

1. Latar Belakang
Seiring dengan perkembangan teknologi dan komunikasi telah menempatkan internet 
menjadi layaknya sebuah kebutuhan pokok. Di Indonesiakesadaran masyarakat akan internet sudah berkembang sangat pesat. Terutama bagi mereka para pelajar, mahasiswa, pengajar dan masyarakat umum lainnya. Hal ini dikarenakan sifat berita internet yang global, sehingga kita dapat terkoneksi ke seluruh jaringan di dunia, berkomunikasi dengan siapapun dan dimanapun, mendapatkan pengetahuan atau sesuatu yang kita butuhkan.
Di zaman sekarang ini banyak sekali bentuk pemanfaatanteknologi informasi di kalangan masyarakat. Apalagi dengan semakin terkenalnya internet di kalangan masyarakat menyebabkan menjamurnya bisnis warnet di berbagai kota di Indonesia.

2. Perumusan Masalah
Hampir setiap golongan masyarakat menggunakan teknologi internet, mulai dari pelajar, mahasiswa, orang tua, pejabat, dan berbagai lapisan masyarakat. Selain itu, dari survey kecil-kecilan yang kami lakukan pada beberapa warnet yang ada di kota Bekasi terlihat sering kali terjadi pengantrian untuk menggunakan internet. Secara tidak langsung hal ini menunjukan pengguna internet dari tahun ke tahun tidak pernah turun. Bila dibandingkan dengan beberapa bisnis lain, maka jelas bahwa usaha warnet mempunyai prospek jangka panjang yang lebih baik dibandingkan dengan bisnis lain, misalnya bisnis makanan yang penggemarnya bisa naik turun sesuai dengan perubahan selera masyarakat dan trend yang sedang berkembang.

3. Tinjaun Pustaka
Teknologi Informasi dan Telekomunikasi (Information and Communication Technology/ ICT) merupakan tulang punggung aplikasi Web 2.0. Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi yang fenomenal dan menjadi awal munculnya aplikasi web adalah Internet. Internet yang berawal dari riset untuk pertahanan dan keamanan serta pendidikan berkembang menjadi perangkat pendukung bisnis yang sangat berpengaruh.(Admin,2008) Internet sendiri merupakan suatu bentuk jaringan komputer/networking yang terdiri dari gabungan beberapa LANyang saling terhubung di seluruh dunia. Internet berguna untuk berkomunikasi dan bertukar informasi, file, data, suara, gambar dan sebagainya antara manusia di seluruh dunia.(DuniaCyber.Com,2009).
Komputer dan jaringan dengan berbagai platform yang mempunyai perbedaan dan cirri khas masing-masing (Unix, Linux,Windows, Mac, dll) bertukar informasi dengan sebuah protokol standar yang dikenal dengan nama TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol). TCP/IP tersusun atas 4 layer (network access, internet, host-to-host transport, dan application) yang masing-masing memiliki protokolnya sendiri-sendiri. (DuniaCyber.Com,2009).
Dari uraian di atas dapat dipahami betapa internet telah menjadi kebutuhan yang universal. Ini adalah sinyal yang tepat untuk mencoba membangun sebuah bisnis jasa pengadaan koneksi internet berupa warung internet / warnet Untuk memulaimembangun warnet diperlukan suatu perhitungan bisnis yang tepat meliputi lokasi dan dana investasi. Kemudian faktor teknis berupa jenis komputer yang digunakan, koneksi internet, topologi jaringan,software dan system yang digunakan. Selain itu agar operasional warnet dapat berjalan lancar dan memuaskan pelanggan, diperlukan suatu management operasional yang handal yang tanggap akan penyediaan layanan yang prima dan mampu membuat inovasi (A.Toha Mansur, BeritaNET.com).

4. Tujuan
Tujuan dari pendirian usaha warnet ini adalah :
a.       Tujuan sosial :
• Memudahkan mengakses informasi secara lebih cepat, baik dari dalam negeri maupun luar negeri.
• Meningkatkan mutu SDM masyarakat sekitar dalam mengenal dan menerapkan teknologi dalam kehidupan sehari-hari.
• Menciptakan lapangan kerja
b.      Tujuan Komersial :
• Mendapatkan profit.
• Sebagai lahan berwirausaha.

5. Manfaat
Dengan adanya usaha warnet ini diharapkan dapat memberi kemudahan akses
internet bagi masyarakat yang butuh dan semakin peduli dengan informasi global.
Dilihat dari itu semua, kami menawarkan kerjasama selama 3 tahun untuk mendirikan dan mengelola warnet dan pelatihan internet singkat.

6. Target
Target pelanggan warnet ini adalah : pelajar dan pemuda masyarakat disekitarnya. Mereka menggunakan internet untuk hiburan semata yang frekuensinya cukup tinggi. Umumnya mereka hanya membuka program chatting juga games online dan situs jejaring social lainnya.

7. Kebutuhan Sumber Daya Manusia (SDM)
Untuk mendirikan warnet dibutuhkan tenaga ahli antara lain :
• Konsultan warnet.
• Tenaga ahli listrik.
• Tenaga ahli networking.
• Tenaga ahli komputer.
• Marketing.
• Operator warnet.

Dari uraian kebutuhan SDM diatas, kami akan memenuhi semua kecuali operator warnet, kami hanya mencari dan mentraining operator warnet, sedangkan untuk honor warnet diambil dari biaya operasional warnet bulanan. Jadi untuk pekerjaan tersebut diatas (kecuali operator warnet) tidak diperlukan biaya jasa lagi.



B. PROFIL PERUSAHAAN

1. Nama Usaha
Warnet tersebut akan kami beri nama “Cozy.NET”. Warnet ini beroperasi dari jam 07.00 WIB – 22.00 WIB.

2. Rencana Lokasi 
Rencana lokasi operasional usaha akan ditempatkan didaerah yang memenuhi syarat sebagai berikut : 
• Lokasi dekat dengan kawasan pendidikan baik itu Sekolah Menengah Umum dan Sekolah Menengah Pertama. 
• Lokasi berada di pusat keramaian, misalnya di pasar dan perkantoran.
• Lokasi berada ditengah kawasan penduduk.
Lokasi yang kami prioritaskan adalah di Perumahan Kemang Pratama Bekasi, dengan pertimbangan :
• Dilokasi belum ada warnet dalam radius 1 KM. 
• Disekitar lokasi terdapat beberapa sekolah antara lain :
  Sekolah Al-Azhar, Sekolah Marsudirini, dan Victory.
• Lokasi berada pada perumahan penduduk.


C. PRODUK

1. Jenis Produk
Perlengkapan warnet seperti perangkat keras yang akan digunakan dalam komputer ini adalah :
• Komputer Pentium 4 built up second sebanyak 4 unit, server Pentium Core 2 Duo 1 unit
•  Perangkat jaringan. 
• Koneksi internet menggunakan Wireless dengan Telkomnet Speedy ADSL
• Sistem operasi yang akan digunakan adalah Windows XP Professional.

2. Keunggulan
Kami memiliki keunggulan dibandingkan warnet lain yaitu selain dari segi produk yang telah dilengkapi hardware dan software yang canggih, kami memberikan segi pelayanan kepada konsumen seperti adanya sistem paket dengan harga yang lebih hemat dan sistem point jika konsumen telah 10 kali berkunjung maka mendapatkan hak akses sejam gratis. Juga mendapatkan gratis snack setelah menggunakan internet dalam jangka waktu tertentu.

3. Jenis Usaha
Jenis usaha yang direncanakan sesuai dengan Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimiliki adalah : 
1.    Warnet & Games Online (konsentrasi pada bulan pertama) 
2.    Service komputer (pada bulan ke-3)
3.    Penjualan Voucher Handphone (pada bulan ke-4)
4.    Digital Printing (pada bulan ke-5)


D. STRATEGI PROMOSI BISNIS

Strategi yang akan kami jalankan pada perusahaan ini antara lain :
- Bekerja sama dengan pihak sekolah dalam rangka mengadakan kerja sama pelatihan komputer dan internet.
- Kami akan menjalankan kembali organisasi yang bergerak dibidang teknologi informasi yang akan menghimpun mahasiswa yang mempunyai keahlian dibidang komputer. 
Dengan strategi ini, kami menargetkan bisa mendapatkan tenaga freelancer untuk mempromosikan bisnis ini, aset untuk tenaga pengajar dan dapat mengerjakan proyek-proyek IT.


E. PENAWARAN

Bentuk kerjasama yang kami tawarkan adalah pendirian dan pengelolaan warnet dengan
sistem bagi hasil :
• 60% untuk inventor.
• 40% untuk pengelola.
Jadi kami hanya mengambil profit hanya dari bagi hasil.


F. LAPORAN KEUANGAN

     1.      Bantuan Modal Warnet

      2.       Tahapan Pelaksanaan Pelatihan Internet

    3.  Perkiraan Pendapatan dan Biaya (Cash Flow) Warnet

Laba bersih Rp 628.000 per bulan, kalau 1 tahun = 12 x Rp 628.000 = Rp 7.536.000, akan di manfaatkan untuk menginvestasikan kembali pembelian komputer sebanyak 3 buah per tahun.


G. PENUTUP
Demikian proposal yang kami buat, semoga langkah ini dapat
      turut andil dalam mencerdaskan bangsa dan memberikan lapangan
      pekerjaan dan memajukan ekonomi Indonesia. Proposal ini juga
      dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan bagi pihak instansi
      terkait untuk memberikan bantuan dana serta bimbingan teknis
      dalam pengelolaan warnet nantinya.
Semoga Allah SWT memberikan berkat dan Rahmatnya bagi kita semua, sebelum dan sesudahnya kami ucapkan terima kasih banyak.







CONTOH PROPOSAL KEWIRAUSAHAAN TENTANG USAHA WARNET DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I      PENDAHULUAN                                
A.      Latar Belakang
B.      Tujuan
C.      Jasa Yang Disediakan
BAB II     IDENTITAS PERUSAHAAN
A.      Nama dan Alamat Perusahaan
B.      Nama dan Alamat penanggung Jawab
C.      Informasi Usaha
BAB III    PEMASARAN
A.      Target pemasaran
B.      Situasi Persaingan
C.      Strategi Pasar
D.      Periklanan dan Pomosi
BAB IV   ASPEK MANAJEMEN
A.      Risiko dan Hambatan
B.      Tindakan Alternatif
BAB V     ASPEK FINANCIAL
A.      Modal
B.      Perkiraan Pendapatan
C.      Perkiraan biaya-biaya
D.      Perkiraan Keuntungan
BAB VI   PENUTUP
 KATA PENGANTAR
Puji syukur panjatkan kehadirat Allah SWT, yang telah memberikan kemudahan kepada kami untuk menyelesaikan proposal need@net. Proposal ini dibuat dengan rancangan yang sistematis, perhitungan, dan dengan cara yang hadal.
Dalam penyusunan proposal ini dibuat sedemikian rupa, sehinngga dapat dipahami dengan mudah konsep-konsep yang disajikan. Proposal ini adalah rancangan yang dapat dijadikan suatu pembentukan usaha bagi wirausahawan yang akan menderikan warnet.
                                                                                            palembang,   Febuari 2012
                                                                                        M tri hadi prasetyo
                                             BAB I
                       PENDAHULUAN
A.      Latar Belakang
Seiring berkembangnya teknologi yang semakin canggih dan  semakindekatnya eraglobalisasi dimana tidak adanya jarak untuk saling berbagi informasi, saling interaksi dan berkomunikasi sampai kebelahan dunia. Yang dilakukan dimana saja dan kapan saja maka, sarana yang paling mendukung adalah adanya internet. Saat ini internet sangatlah dibutuhkan masyarakat mulai dari sekedar cari informasi, berkomunikasi, ataupun berbisnis. Dengan internet tidak hanya menjelajah khusus lokal/regional tetepi, sampai ketaraf international, cari informasi dengan cara browsing, surat menyurat elektronit(email) ataupun yang lainnya.
Dari sinilah muncul peluang usaha yang kami tangkap, karena masyarakat sangat membutuhkan fasilitas internet tersebut. Maka, usaha ynag kami buat adalah mendirikan warung internet atau warnet.
B.      Tujuan
1)       Sebagai pengenal teknologi kepada masyarakat
2)       Sebagai penyedia akses internet
3)       Memudahkan masyarakat dalam mecari informasi, interaksi dengan negara lain, tambahan ilmu pengetahuan dan lain-lain.
4)       Menumbuh kembangkan jiwa wirausaha dan menciptakan lapangan kerja.
C.      Jasa Yang Disediakan
1)       Jasa browsing, surfing, chatting, dan multi player games.
2)       Print out, burning data, dan lain-lain
 BAB II
             IDENTITAS PERUSAHAAN
                                                           
A.      Nama dan Alamat Perusahaan
Nama            : need@net.
Alamat          : Jl. Kertanegara no.19 Jakarta
B.      Nama dan Alamat Penanggung Jawab
Nama            : Nida Usanah
Alamat          : Sumberadi Kebumen
Nama            : Annida Azzakiyah
Alamat          : Jakarta
C.      Informasi Usaha
Usaha ini adalah usaha yang bergerak dalam bidang jasa yaitu jasa internet. Nama perusahaan ini adalah need@net. Yang terletak di jalan Kertanegara no.19 Jakarta. Warnet ini terletak di depan jalan raya dan berdampingan dengan sekolah SMA.
                    BAB III
           PEMASARAN
A.      Target Pemasaran
Internet adalah kebutuhan dari semua kalangan. Hampir setiap orang membutuhkan internet untuk mengakses kebelahan dunia dalam mencari informasi atau yang lainnya. Target dari pemasaran jasa ini adalah para remaja, anak sekolah, dan para pembisnis.
B.      Situasi Persaingan
Analisis persaingan tentulah amat sangat ketat. Apalagi letak dari warnet ini dipinggir jalan perkotaan yang memang sudah banyak warnet yang didirikan. Tapi, kami mempunyai rancangan yang berbeda dari mereka semua. Rancangan ini dimaksudkan mudah dalam mecari pelanggan.
C.      Strategi Pasar
Sasaran lokasi pemasaran adalah didirikan di daerah perkotaan dekat dengan sekolahan. Daerah tersebut menurut kami adalah sangat strategis karena, banyak anak sekolah dan memudahkan dalam pencarian karena, didepan jalan raya.
D.      Periklanan atau Promosi
Untuk diketahui masyarakat, kami mempromosikan usaha ini dengan cara pembuatan brosur, periklanan di koran Suara Merdeka dan pemasangan iklan di radio. Hal ini memudahkan kami dalam mencari pelanggan.
BAB  IV
ASPEK MANAJEMEN
A.      Risiko dan Hambatan
1)       Kurangnya modal dalam memfasilitasi keadaan warnet
2)       Kurangnya minat masyarakat akan teknologi
3)       Minimnya pelanggan
4)       Layanan akses internet yang lambat
B.      Tidakan Alternatif
1)       Kurangnya modal dapat diatasi dengan meminjam uang di bank
2)       Kurangnya minat masyarakat dapat kita lakukan dengan penyebaran brosur yang berisi ajakan untuk menyeimbangi perkembangan zaman
3)       Minimnya pelanggan dengan menambahkan iklan di radio lain
4)       Akses internet ynag lambat harus adanya teknisi yang berpengalaman dalm mengatasi
BAB V
ASPEK FINANSIAL
A.      Modal
·         Gedung                                                                        Rp. 30.000.000
·         Tanah                                                                            Rp. 20.000.000
·         Computer Amd,speaker aktif,Vga sound
Integrated,keyboard,mouse,cpu
21xRp.6.000.000                                                       Rp. 126.000.000
·         Billing,meja, kursi 20 @Rp.1.000.000                Rp. 20.000.000
·         Meja, kursi operator                                               Rp. 1.000.000
·         Printer                                                                          Rp. 600.000
·         Scanner                                                                        Rp. 1.000.000
·         HUB                                                                               Rp. 1.000.000
·         Kabel LAN                                                                    Rp.1.000.000
·         Modem                                                                        Rp. 1.000.000
·         Biaya Regristrasi telkom                                        Rp.200.000
·         Genset                                                                         Rp. 2.000.000
Jumlah                                                                          Rp.203.800.000
B.      Perkiraan Pendapatan
·         Pendapatan per jam Rp.3000, terdapat PC yang aktif 20 digunakan selama 15 jam
·         Pedapatan per hari Rp.3000x15x20                  Rp 900.000
·         Pendapatan per bulan Rp.900.000x30             Rp.27.000.000
·         Rata-rata pendapatan (okupansi) sebesar 50% dari jumlah yang ditargetkan
ü  Perhari Rp.900.000x50%                        Rp.450.000
ü  Perbulan Rp.27.000.000x50%              Rp. 13.500.000
C.      Biaya-Biaya
·         Telkom dan provider                                              Rp.3.000.000
·         Listrik dan telepon                                                   Rp.2.000.000
·         Gaji 1 orang karyawan                                           Rp.300.000
·         Teknisi                                                                          Rp.1.000.000
·         Lain-lain                                                                       Rp. 100.000
Total                                                                              Rp.6.400.000
D.      Perkiraan Keuntungan
·         Keuntungan bersih Rp.27.000.000-Rp.6.400.000         Rp.20.400.000
·         Keuntungan rata-rata Rp.13.500.000-Rp.6.400.000    Rp.7.100.000
 BAB VI
PENUTUP
Demikian proposal kami susun untuk dipergunakan sebagaimana mestinya. Dokumen dalam proposal, disusun bagi wirausahawan untuk membangun usaha internet atau warnet. Kami berharap ini bisa mendorong masyarakat untuk mengetahui teknologi yang memang sekarang sedang mengglobalisasi.
Diharapkan dengan adanya warnet ini masyarakat dapat mengenali dan mempermudah dalam mengakses internet. Untuk itu kami mohon bantuan dari pihak yang berwenang agar pendirian need@net dapat terlaksana.
Atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terimaksih


PROPOSAL
PENDIRIAN WARNET
A.     PENDAHULUAN
Melihat tren masyarakat saat ini dan mendatang yaitu makin tingginya jumlah pengakses internet terutama kalangan pelajar dan mahasiswa, maka kami mengusulkan pendirian usaha untuk menangkap tren tersebut menjadi peluang bisnis yang menjanjikan.
Berdasarkan pengalaman mendirikan dan mengelola warnet Laa Tahnzan, dan memberikan konsultasi pendirian warnet antara lain :
Warnet Polycom di Bukit Besar
Warnet AnNajm di Jalan Merdeka depan Stikes Bina Husada
Warnet Adinda di TImbangan Indralaya
Maka kami mengajukan proposal penawaran kerjasama selama 3 tahun untuk mendirikan dan mengelola warnet dan pelatihan internet singkat.
B.      TUJUAN
a.       Tujuan sosial :
Menciptakan lapangan kerja
Memberikan pendidikan IT kepada pelajar dan masyarakat sekitar
b.      Tujuan Komersial :
Mendapatkan profit.
C.     KEBUTUHAN SDM
Untuk mendirikan warnet dibutuhkan tenaga ahli antara lain :
Konsultan warnet
Tenaga ahli listrik
Tenaga ahli networking
Tenaga ahli komputer
Marketing
Operator warnet
Dari uraian kebutuhan SDM diatas, kami akan memenuhi semua kecuali operator warnet, kami hanya mencari dan mentraining operator warnet, sedangkan untuk honor warnet diambil dari biaya operasional warnet bulanan. Jadi untuk pekerjaan tersebut diatas (kecuali operator warnet) tidak diperlukan biaya jasa lagi.
D.     PENAWARAN
Bentuk kerjasama yang kami tawarkan adalah pendirian dan pengelolaan warnet dengan sistem bagi hasil :
60% untuk fery agus priana
40% untuk pengelola
Jadi kami hanya mengambil profit hanya dari bagi hasil.
E.     URAIAN PEKERJAAN
a.       Rancangan denah untuk LAN dan listriik
b.      Pembelian asset
c.       Instalasi listrik
d.      Instalasi computer
e.       Instalasi LAN
f.       Instalasi Internet
g.       Instalasi Proxy
h.      Instalasi Billing
i.        Training operator
j.        Promosi
Dari poin pekerjaan tersebut diatas, kami akan mengerjakan semua pekerjaan tersebut diatas. Kami hanya membutuhkan ruang tempat dan listrik dan modal usaha, selain itu semua kami akan kerjakan sendiri.
F.      STRATEGI PROMOSI
Strategi yang akan kami jalankan pada perusahaan ini antara lain :
Bekerja sama dengan pihak sekolah dalam rangka mengadakan kerja sama pelatihan komputer dan internet.
Kami akan menjalankan kembali organisasi yang bergerak dibidang
 teknologi informasi yang akan menghimpun mahasiswa yang mempunyai keahlian dibidang komputer. Dengan strategi ini, kami menargetkan bisa mendapatkan tenaga freelancer untuk mempromosikan bisnis ini, aset untuk tenaga pengajar dan dapat mengerjakan proyek-proyek IT.
USULAN BIAYA PENGAJUAN PROPOSA
BANTUAN MODAL WARNET
NO.
URAIAN
KUANTITAS
HARGA SATUAN (RP)
JUMLAH (RP)
1.
Perangakat Keras (Hardware
Internet AccesSharing
UPS 600 VA
Modem US Robotic
HUB 16
 Port
Kabel UTP RJ-45
LAN Card
Sound Card
Tambahan
 Memory
1 Buah
1 Buah
1 Buah
1 Buah
50 Meter
6 Buah
5 Buah
5 Buah
Rp 2.000.000,-
Rp    750.000,-
Rp  1.100.000,-
Rp    700.000,-
Rp        5.500,-
Rp    100.000,-
Rp    150.000,-
Rp    125.000,-
Rp  2.000.000,-
Rp     750.000,-
Rp   1.100.000,-
Rp     700.000,-
Rp     275.000,-
Rp     600.000,-
Rp     750.000,-
Rp     625.000,-2.Instalasi (Installation)
a.       Biaya Instalasi Server
b.      Biaya Instalasi Workstation
1        Unit
5     Unit
Rp   150.000,-
Rp     25.000,-
Rp    150.000,-
Rp    125.000,-3.Konsultasi (Counsalting)
a.       Biaya Konsultasi Networking
b.      Biaya Konsultasi Bisnis Internet
5 Unit
3 Hari
Rp     40.000,-
Rp     75.000,-
Rp     200.000,-
Rp     225.000,-4.Pelatihan (Training) untuk 10 angkatan bagi masyarakat, DU/DI *)
a.       Biaya Pelatihan Administrator
b.      Biaya Diklat Internet
20 Orang
2 orang x 10 angkatan
Rp    125.000,-
Rp    100.000,-
Rp   2.500.000,-
Rp   2.000.000,-
Jumlah
Rp 12.000.000,-
*) TAHAPAN PELAKSANAAN PELATIHAN INTERNET
NO.
TAHAP/ANGKATAN
UNSUR YANG AKAN DILATIH
1.
Tahap I
Angkatan 1 s.d 5
Kepala Sekolah
Guru Komputer SMK Negeri/Swasta
2.Tahap II
Angkatan 6 dan 7
KADIN
PEMDA
INDUSTRI
BAPPEDA
3.Tahap III
Angkatan 8 dan 9
Siswa SMK lain
SMU
SLTP
4.Tahap IV
Angkatan 10
Masyarakat umum/bukan warga Sekolah
PERKIRAAN PENDAPATAN DAN BIAYA (CASH FLOW) WARNET
A.
Beban/Biaya
Perhitungan
Jumlah (Rp)
1.
Biaya Tetap
a.       Biaya telepon
b.      Biaya akses Internet
Biaya telp 1 pulsa = 2 menit =Rp 200
1 hari = 10 jam = 600 menit, 600 : 2 menit
= 300 pulsa, 300 x Rp 200 = Rp 60.000
Rp 60.000 x 24 hari
Rp 3.300 x 10 jam x 24 hari
Rp     1.440.000,-
Rp        792.000,-
2.Biaya Variabel
a.       Pemeliharaan
b.      Biaya ATK
c.       Biaya listrik
d.      Gaji administrator
e.       Gaji office boy
f.       Gaji satpam
g.      …………………
Rp        100.000,-
Rp        100.000,-
Rp        100.000,-
Rp        250.000,-
Rp        100.000,-
Rp        100.000,-
B
Pendapatan
Perhitungan
Jumlah (Rp)
1.
Jasa Akses Internet
5 x 8 jam x Rp 3.500x 24 hari
Rp      3.360.000,-
2.
Jasa Kursus Internet
2 orang x Rp 5.000 x 1 jam x 10 hari
Rp         100.000,-
3
Jasa Print Out Rp         100.000,-4.Rental KomputerRp 1000 x 5 jam x 10 hariRp            50.000,-
Total Pendapatan
Rp       3.610.000,-
C
Perolehan Laba Usaha
Jumlah (Rp)
1.
Pendapatan
Rp   3.610.000,-
2.
Beban / Biaya
Rp   2.982.000,-
Laba Bersih
Rp      628.000,-

Laba bersih Rp 628.000 per bulan, kalau 1 tahun = 12 x Rp 628.000 = Rp 7.536.000, akan di manfaatkan untuk menginvestasikan kembali pembelian komputer sebanyak 3 buah per tahun.
H.  
I.       WAKTU
Lama waktu pendirian warnet adalah selama 1 bulan.
BIODATA PENGELOLA
Nama                                  :  Afeyaja
Tempat,tanggal lahir             :  Jakarta, 7 Agustus 1990
Alamat                                :   Jl. Suwakarya No.28 Kec.Gunung Kidul Desa Sukamaju
HP                                      :  080999992011
Email                                   :  afeyaja@ymail.com
Website                               :  www.afeyaja.co.id
Pendidikan                          :  Teknik Komputer Fakultas Ilmu Komputer 2009
Organisasi di bidang IT
Ketua Umum CNRC GUNDAR (Computer Network Research Community).
Tim Admin Portal KAMMI Pusat
Pengalaman Training Lepas
Nara sumber dalam Seminar teknologi SMU se-Kodya Sukabumi “Komputerisasi, Internet dan dampaknya terhadap pelajar. Pada tanggal 13 Mei 2001 di SMA 1 Cisolok..
Nara sumber Pelatihan Dasar Internet oleh KI BWPI FP UNSRI pada tanggal 5 Juni 2001, dan 11 juni 2001 di warnet AfeyNet Sukabumi.
Nara sumber Pelatihan Dasar Internet oleh KI BWPI FP UNSRI pada tanggal 8 dan 9 Desember 2001 dan di warnet MarkoNet Jakarta.
Nara sumber pelatihan desain web oleh Pentium III SMA 1 Cisolok pada tanggal 10 Februari 02 di GlobalNet Center.
Nara Sumber Pelatihan Internet BEM FMIPA UNSRI pada tanggal 9,10, 15,16, dan 17 maret 2002 di Sriwijaya Net Center Jakarta.
Pelatihan dasar internet untuk pengurus BEM FKIP UNSRI pada tanggal 23 Maret 2002 di Warnet Ter@Net Sukabumi.
PENUTUP
Demikianlah data-data ini kami perbuat sebagai suatu acuan dalam pengelolan warnet di masyarakat juga  dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan bagi Direktorat Dikmenjur dan pihak instansi terkait untuk memberikan bantuan dana serta bimbingan teknis dalam pengelolaan warnet nantinya.
Semoga Allah Swt memberikan berkat dan Rahmatnya bagi kita semua, sebelum dan sesudahnya kami ucapkan terima kasih banyak.










Kata Pengantar 

Puji syukur  kami ucapkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, karna Berkat Karunia-Nya penulis dapat menyelesaikan tugas proposal  membuat usaha warnet. Penulis juga bersyukur atasrezeki serta kesehatan yang diberikan kepada penulis sehingga dapat mengumpulkan proposal ini. Penulis juga berterima kasih kepada Guru Pengajar atas arahan yang telah di berikan selama ini.
Penulis sadar bahwa tugas mengenai usaha warnet yang telah  dibuat
 ini masih jauh dari sempurna, karna itu penulis mengharapkan saran dan kritik dari bapak/ibu guru. 
Demikian proposal ini penulis buat, apabila
 ada kesalahan dalam penulisan, penulis mohon maaf, karena penulis hanyalah manusia biasa.

 Pendahuluan

A. Latar Belakang
Seiring dengan perkembangan teknologi dan komunikasi telah menempatkan internet menjadi layaknya sebuah kebutuhan pokok. Di Indonesia kesadaran masyarakat akan internet sudah berkembang sangat pesat. Terutama bagi mereka para pelajar, mahasiswa, pengajar dan masyarakat umum lainnya. Hal ini dikarenakan sifat berita internet yang global, sehingga kita dapat terkoneksi ke seluruh jaringan di dunia, berkomunikasi dengan siapapun dan dimanapun, mendapatkan pengetahuan atau sesuatu yang kita butuhkan.
Di zaman sekarang ini banyak sekali bentuk pemanfaatan
 teknologi informasi di kalangan masyarakat. Apalagi dengan semakin terkenalnya internet di kalangan masyarakat menyebabkan menjamurnya bisnis warnet di berbagai kota di Indonesia.

B. Tujuan
Adapun tujuan dari pembuatan warnet EDP.NET ini antara lain:

a. Tujuan social :
·         Memudahkan mengakses informasi secara lebih cepat, baik dari dalam negeri maupunluar negeri. 
·         Meningkatkan mutu SDM masyarakat sekitar dalam mengenal dan menerapkan teknologi dalam kehidupan sehari-hari.
·         Menciptakan lapangan kerja
b.    Tujuan komersial :
·         Mendapatkan profit
·         Sebagai lahan berwirausaha
C. Manfaat
Dengan adanya usaha warnet ini diharapkan dapat memberi kemudahan akses internet bagi pelajar, mahasiswa bahkan masyarakat yang butuh dan semakin peduli dengan informasi global. 
Kemudian untuk mempercepat informasi bagi masyarakat agar masyarakat tidak tertinggal dengan teknologi di zaman modern ini.

D. Target
Target pelanggan warnet ini adalah : pelajar dan pemuda masyarakat disekitarnya. Mereka menggunakan internet untuk hiburan semata yang frekuensinya cukup tinggi. Umumnya mereka hanya membuka program chatting juga games online dan situs jejaring social lainnya.

E. Kebutuhan Sumber Daya Manusia  
Untuk mendirikan warnet dibutuhkan tenaga ahli antara lain :
·         Konsultan warnet. 
·         Tenaga ahli listrik. 
·         Tenaga ahli networking
·         Tenaga ahli komputer. 
·         Marketing
·         Operator warnet.
Dari uraian kebutuhan SDM diatas, kami akan memenuhi semua kecuali operator warnet, kami hanya mencari dan mentraining operator warnet, sedangkan untuk honor warnet diambil dari biaya operasional warnet bulanan. Jadi untuk pekerjaan tersebut diatas (kecuali operator warnet) tidak diperlukan biaya jasa lagi.

PROFIL PERUSAHAAN 

A. Nama Usaha
Warnet tersebut akan kami beri nama “EDP NET”. Warnet ini beroperasi dari jam 07.00 WIB – 22.00 WIB.
B. Rencana Lokasi 
Rencana lokasi operasional usaha akan ditempatkan didaerah yang memenuhi syarat sebagai berikut :  
·         Lokasi dekat dengan kawasan pendidikan baik itu Sekolah Menengah Umum dan Sekolah Menengah Pertama. 
·          Lokasi berada di pusat keramaian, misalnya di pasar dan perkantoran.
·          Lokasi berada ditengah kawasan penduduk. 
·         Lokasi yang kami prioritaskan adalah di Perumahan Kemang Pratama Bekasi, dengan pertimbanganDilokasi belum ada warnet dalam radius 1KM.
·          Disekitar lokasi terdapat beberapa sekolah antara lain:
1.       Sekolah Al-Azhar
2.        Sekolah Marsudirini, dan 
3.       Victory.
  • Lokasi berada pada perumahan penduduk. 
C. Produk

1. Jenis Produk
Perlengkapan warnet seperti perangkat keras yang akan digunakan dalam komputer ini adalah : 
·         Komputer Pentium 4 built up second sebanyak 4 unit, server Pentium Core 2 Duo 1 unit.
·           Perangkat jaringan. 
·          Koneksi internet menggunakan Wireless dengan Telkomnet Speedy ADSL.
·         Sistem operasi yang akan digunakan adalah Windows XP Professional.
2. Keunggulan
Kami memiliki keunggulan dibandingkan warnet lain yaitu selain dari segi produk yang telah dilengkapi hardware dan software yang canggih, kami memberikan segi pelayanan kepada konsumen seperti adanya sistem paket dengan harga yang lebih hemat dan sistem point jika konsumen telah 10 kali berkunjung maka mendapatkan hak akses sejam gratis. Juga mendapatkan gratis snack setelah menggunakan internet dalam jangka waktu tertentu.

3. Jenis Usaha
Jenis usaha yang direncanakan sesuai dengan Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimiliki adalah : 
1.    Warnet & Games Online (konsentrasi pada bulan pertama) 
2.    Service komputer (pada bulan ke-3)
3.    Penjualan Voucher Handphone (pada bulan ke-4)
4.    Digital Printing (pada bulan ke-5)
D. STRATEGI PROMOSI BISNIS
Strategi yang akan kami jalankan pada perusahaan ini antara lain:
1.       Bekerja sama dengan pihak sekolah dalam rangka mengadakan kerja sama pelatihan komputer dan internet. 
2.       Kami akan menjalankan kembali organisasi yang bergerak dibidang teknologi informasi yang akan menghimpun mahasiswa yang mempunyai keahlian dibidang komputer.
Dengan strategi ini, kami menargetkan bisa mendapatkan tenaga freelancer untuk mempromosikan bisnis ini, aset untuk tenaga pengajar dan dapat mengerjakan proyek-proyek IT.
E. PENAWARAN
Bentuk kerjasama yang kami tawarkan adalah pendirian dan pengelolaan warnet dengan
sistem bagi hasil.
  • 60% untuk inventor. 
  • 40% untuk pengelola.
Jadi kami mengambil profit hanya dari bagi hasil.

TEORI DASAR JARINGAN

1.  Apa Itu Jaringan Komputer
Jaringan Komputer adalah sekelompok komputer otonom yang saling berhubungan antara satu dengan lainnya menggunakan protokol komunikasi melalui media komunikasi sehingga dapat saling berbagi informasi, program – program, penggunaan bersama perangkat keras seperti printer, harddisk, dan sebagainya. Selain itu jaringan komputer bisa diartikan sebagai kumpulan sejumlah terminal komunikasi yang berada diberbagai lokasi yang terdiri dari lebih satu komputer yang saling berhubungan.
A. Sharing resources 
Sharing resources bertujuan agar seluruh program, peralatan atau peripheral lainnya dapat dimanfaatkan oleh setiap orang yang ada pada jaringan komputer tanpa terpengaruh oleh lokasi maupun pengaruh dari pemakai.
B. Media Komunikasi 
Jaringan komputer memungkinkan terjadinya komunikasi antar pengguna, baik untuk teleconference maupun untuk mengirim pesan atau informasi yang penting lainnya.
C. Integrasi Data 
Jaringan komputer dapat mencegah ketergantungan pada komputer pusat, karena setiap proses data tidak harus dilakukan pada satu komputer saja, melainkan dapat didistribusikan ke tempat lainnya. Oleh sebab inilah maka dapat terbentuk data yang terintegrasi yang memudahkan pemakai untuk memperoleh dan mengolah informasi setiap saat.  
D. Pengembangan dan Pemeliharaan 
Pengembangan peralatan dapat dilakukan dengan mudah dan menghemat biaya, karena setiap pembelian komponen seperti printer, maka tidak perlu membeli printer sejumlah komputer yang ada tetapi cukup satu buah karena printer itu dapat digunakan secara bersama – sama. Jaringan komputer juga memudahkan pemakai dalam merawat harddisk dan peralatan lainnya, misalnya untuk memberikan perlindungan terhadap serangan virus maka pemakai cukup memusatkan perhatian pada harddisk yang ada pada komputer pusat.
E. Keamanan Data 
Sistem Jaringan Komputer dapat memberikan perlindungan terhadap data. Karena pemberian dan pengaturan hak akses kepada para pemakai, serta teknik perlindungan terhadap harddisk sehingga data mendapatkan perlindungan yang efektif.
F. Sumber Daya Lebih Efisien dan Informasi Terkini 
Dengan pemakaian sumber daya secara bersama – sama, akan mendapatkan hasil yang maksimal dan kualitas yang tinggi. Selain itu data atau informasi yang diakses selalu terbaru, karena setiap ada perubahan yang terjadi dapat segera langsung diketahui oleh setiap pemakai. 
2.    Manfaat Jaringan
Secara umum, jaringan mempunyai beberapa manfaat yang lebih dibandingkan dengan komputer yang berdiri sendiri dan dunia usaha telah pula mengakui bahwa akses ke teknologi informasi modern selalu memiliki keunggulan kompetitif dibandingkan pesaing yang terbatas dalam bidang teknologi.
·         Jaringan memungkinkan manajemen sumber daya lebih efisien. 

Misalnya, banyak pengguna dapat saling berbagi printer tunggal dengan kualitas tinggi, dibandingkan memakai printer kualitas rendah di masing-masing meja kerja. Selain itu, lisensi perangkat lunak jaringan dapat lebih murah dibandingkan lisensi stand-alone terpisah untuk jumlah pengguna sama.
·         Jaringan membantu mempertahankan informasi agar tetap andal dan up-to-date.

Sistem penyimpanan data terpusat yang dikelola dengan baik memungkinkan banyak pengguna mengaskses data dari berbagai lokasi yang berbeda, dan membatasi akses ke data sewaktu sedang diproses.
·         Jaringan membantu mempercepat proses berbagi data (data sharing).

Transfer data pada jaringan selalu lebih cepat dibandingkan sarana berbagi data lainnya yang bukan jaringan. 
·         Jaringan memungkinkan kelompok-kerja berkomunikasi dengan lebih efisien.

Surat dan penyampaian pesan elektronik merupakan substansi sebagian besar sistem jaringan, disamping sistem penjadwalan, pemantauan proyek, konferensi online dan groupware, dimana semuanya membantu team bekerja lebih produktif.
·         Jaringan membantu usaha dalam melayani klien mereka secara lebih efektif.

Akses jarak-jauh ke data terpusat memungkinkan karyawan dapat melayani klien di lapangan dan klien dapat langsung berkomunikasi dengan pemasok.
Ada empat tipe jaringan yang umum yang digunakan antara lain :
1.       Jaringan WorkGroup,
2.       Jaringan LAN (Local Area Network)
3.       MAN (Metropolitan Area Network
4.       Jaringan WAN (Wide Area Network)
3. Bagaimana Membuat Warnet
Membuat warnet tidaklah sulit. Jika komputer kita belum terhubung dengan jaringan yang ada, maka lebih baik sebelum itu kita melakukan instalasi software maupun hardware didalam jaringan komputer yang ada terlebih dahulu agar memudahkan kita. Beberapa persiapan yang kita butuhkan diantaranya :
Beberapa langkah persiapan membuat warnet yang diperlukan adalah : 
1. PC Server. Minimum specification: 
a. Hardware:
·         CPU : Clock minimal 3.0 GHz
·         RAM : minimal 2 GB
·         Harddisk : minimal 120 GB
·         NIC / LAN Card : 10/100 Mbps, atau 300 Mbps
·         Drive : Tidak Perlu
·         Spesifikasi lain : Optional
 b. Software:
·         Windows XP / Windows 7 / Lebih Baru
·         Bandwidth throttling
·         Billing System
·         By default, Anti Virus dan Firewall
·         Anti Spyware, Anti Malware, dan Anti Adware
2. PC Client 
a. Hardware :
·         CPU : dual core @ 3.0 GHz
·         RAM : 1 GB minimal
·         Harddisk : 120 GB Minimal
·         VGA Card : onboard, kecuali untuk gaming
b.  Software :
·         Windows XP / Windows 7 / Lebih Baru
·         Browser : Internet Explorer, Chrome & Firefox
·         Chatting Tools :
1.       Free Yahoo Messenger
2.       Free MiRC
3.        Free Skype
4.       Free Google Talk
·         Adobe Reader
·         Anti Virus
·         Microsoft Office
·         Billing System
 Setelah semua alat siap kita langsung ke cara membuat warnet : 
·         Pilih salah satu dari komputer yang sudah ada untuk dijadikan operator
·         Install aplikasi billing dan berbagai aplikasi untuk keperluan admin (operator) dan setting billingnya sebagai operator (admin)
·         Setingg jaringan warnet, settingan jaringan warnet bisa dilakukan hanya dengan membeli kabel jaringan ( kabel LAN) ini bisa juga diganti dengan wifi.
·         Kemudian setelah semua jaringan terpasang dan siap, pasangkan aplikasi billing si semua Komuter dan atur settingannya sebagai user.
·         Setelah semua beres, anda bisa cek billing dan kinerja warnet anda anda dan anda bisa restart semua computer.
BERIKUT ADALAH GAMBAR DESIN WARNET YANG AKAN SAYA BUAT
Proposal Usaha Warnet
Biaya Pembuatan Warnet
DAFTAR HARGA PERALATAN DAN BAHAN
NO
NAMA ALAT/BAHAN
SPESIFIKASI
HARGA
JUMLAH
TOTAL HARGA
1
KOMPUTER SERVER
MB.ASUS, HDD 5OOGB, 4GB RAM DDR3, LCD 16 INC SAMSUNG, CASING SONY, PROC CORE I5, LAN CARD
Rp9,000,000.00
1
Rp12,000,000.00
2
KOMPUTER CLIENT
MB.ASROCK, HDD 250GB, 2GB RAM DDR3, LCD 14 INC ACER, CASING SIMBADDA, PROC DUAL CORE, LAN CARD
Rp5,000,000.00
10
Rp50,000,000.00
3
KABEL UTP
BELDEN CAT SE 300 M
Rp.1,000,000.00
1
Rp.1,000,000.00
4
KABEL LISTRIK
SAKURA 50 M
RP.540,000.00
1
Rp.540,000.00
5
STOP KONTAK
KUNINGAN 4 PORT
RP.32,000.00
10
Rp.320,000.00
6
STABILIZER
SIMBADDA
RP.900,000.00
10
Rp.9,000,000.00
7
CRIMPING TOOL
Rp.100,000.00
2
Rp.200,000.00
8
SWITCH
TP LINK 18 PORT
Rp.900,000.00
2
Rp.18,000,000.00
9
INTERNET
SPEEDY 100 MBps
Rp.1,500,000.00
1
Rp.1,500,000.00
10
LAN TESTER
SONY 
Rp.150,000.00
1
Rp.150,000.00
11
ACCES POINT
Rp.250,000.00
1
Rp.250,000.00
12
KONEKTOR
RJ-45
Rp.1,000.00
40
Rp.40,000.00
13
BIAYA PEMASANGAN
Rp.7,600,000.00
-
Rp.7,600,000.00
14
KURSI
PELASTIK
Rp.35,000.00
15
Rp.525,000.00
15
MEJA
TRIPLEX
Rp.430,000.00
10
Rp.4,300,000.00
16
KARPET
20 X 1 M
Rp.350,000.00
3
Rp.1,050,000.00
17
SPEAKER
SIMBADDA
Rp.300,000.00
1
Rp.300,00.00
18
HEADSET
SONY
Rp.60,000.00
9
Rp.360,000.00
19
KIPAS ANGIN
MIYAKO
Rp.320,00.00
3
Rp.960,00.00
20
JUMLAH
Rp.108,995,000
PENUTUP, KESIMPULAN DAN SARAN

A. Kesimpulan
  
Kesimpulan dari proposal usaha membuat warnet saya yaitu :
1.       Fasilitas ruangan yang dingin dan nyaman ,  fasilitas sound system , fasilitas komputer yang sangat lengkap dan tempat parkir kendaraan yang aman dan nyaman
2.       Kebijakan pemerintah yang sudah memberi surat ijin untuk mendirikan usaha warnet saya.
3.       Hadiah yang sangat menarik untuk para member yang setia pada warnet saya.
4.       Dan warnet saya dapat menerima jasa pengetikan dan printer berwarna.
B. Saran
Silahkan masukkan saran anda untuk menyukseskan warnet  EDP NET.
..............................................................................................................................................
..............................................................................................................................................
..............................................................................................................................................
..............................................................................................................................................
..............................................................................................................................................
..............................................................................................................................................
..............................................................................................................................................
..............................................................................................................................................
..............................................................................................................................................

C.    Penutup
Demikian proposal yang kami buat, semoga langkah ini dapat turut andil dalam mencerdaskan bangsa dan memberikan lapangan pekerjaan dan memajukan ekonomi
 Indonesia.  Proposal ini juga dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan bagi pihak instansi terkait untuk memberikan bantuan dana serta bimbingan teknis dalam pengelolaan warnet nantinya.
Semoga Allah SWT memberikan berkat dan Rahmatnya bagi kita semua, sebelum dan sesudahnya kami ucapkan terima kasih banyak.


No comments: